ARIPITSTOP.COM – Hal-Hal diluar nalar memang sering terjadi ketika menghadapi berbagai masalah di Bengkel, Mekanik sudah capek mengecek sesuai SOP namun ternyata hasilnya diluar dugaan yang kadang justru bikin ketawa senyum-senyum sendiri. Seperti kejadian yang satu ini, motor mogok dengan keluhan macet dan ketika dibongkr ketahuan akibat macetnya.

Kejadian unik dan menarik diceritakan oleh akun fb bernama Samson Cosrom di grup fb Mekanik Motor Indonesia. Awal cerita ada konsumen yang datang ke bengkel dengan keluhan motor maticnya ngejim dan mogok. Hal yang wajar ketika motor terdeteksi ngejim alias macet, bisa dicek dengan ketika diengkol/diselah kick starter kok tidak ada pergerakan maka biasanya langsung divonis kondisi Piston gancet dengan Cylinder.

Tersangka utama ketika ngejim pasti kondisi Piston macet, namun tidak semua motor ngejim akibat piston macet bisa juga rantai keteng putus kemudian rantainya membuat kruk as tidak bisa bergerak akibat kejepit. Jadi sudah wajar kalau Mekanik langsung membongkar Mesin untuk mengecek kondisi Piston atau rantai keteng sebagai tersangka utama ketika motor mengalami macet ngejim.

Namun ketika motor dibongkar, ternyata kondisi mesin semua baik, dari piston masih normal, klep juga terlihat normal semua tidak ada masalah dengan mesin bagian atas. Karena piston sudah dibongkar tapi kok masih mengalami ngejim alias macet, bisa disimpulkan motor mengalami ngejim bukan akibat Piston yang nempel ke cylinder.

Kruk as masih tidak bisa bergerak padahal mesin bagian atas sudah dibongkar, berarti ada masalah di bagian kanan atau kiri, kanan itu bagian magnet kemudian kiri itu bagian CVT. Sang Mekanik kemudian membongkar bagian Magnet, dan ternyata tak diduga tak dinyana, permasalah akhirnya terjawab.

Motor matic jenis Suzuki Spin ini mengalami ngejim akibat ada satu baut yang terjepit diantara magnet dengan gigi starter. Ketika baut ini kejepit magnet maka kruk as jadi tidak bisa bergerak.

Hal-hal tak terduga seperti ini memang sering terjadi, yang masih jadi beban pikiran adalah, itu baut asalnya dari mana ya…

Advertisements

6 KOMENTAR

  1. Hallo kang ari, mau tanya nih.
    Saya sebagai user aerox old pengen upgrade ringan cvt.
    Roller bawaan kan 13gr, saya mau ganti roller yg 11gr.apakah harus ganti per cvt atau per kampas ganda juga gak?
    Karena saya ingin tarikan bawah menengah lebih nendang.saya bukan tipe yg nyari topik speed.
    Rencana ada 2.
    1.ganti roller pakai 11gr
    2.ganti per kampas ganda pakai mio karbu 5TL.
    Kira2 cara nomor berapa yg paling simple untuk naikin torsi bawah sampai tengah?
    Apakah pakai cara 1 dan 2 sekaligus.
    Terimakasih kang ari
    #UserAEROXcikarang#

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here