ARIPITSTOP.COM – Desain motor MotoGP semakin terkesan aneh?, inilah perkembangan yang terjadi di MotoGP yang awalnya Ducati sebagai pelopor winglet di bagian depan motor yang kini bentuk winglet semakin bervariasi. Dan terbaru kini di Mugello, Aprilia memakai piranti jenis baru yaitu ekor pesawat seperti yang dipakai di mobil Formula 1 seperti halnya winglet yang juga mengadopsi dari mobil jet darat.

Pada sesi latihan bebas MotoGP seri Mugello hari Jumat 27/05/2022, Lorenzo Salvadori yang mendapatkan jatah wildcard dai Aprilia kedapatan mencoba sensasi penemuan baru dari Aprilia. Diletakkan di ujung buntut Aprilia RS-GP, peranti berupa sayap mini berpenyangga seperti huruf T tersebut mirip model T-tail pada ekor pesawat. Sekilas, bentuk sayap mini ini seperti sayap belakang mobil-mobil F1 di era 1970 sampai awal 1980-an.

Belum diketahui secara detail fungsi sayap mini pada Aprilia RS-GP ini. Yang pasti, fungsi utama T-tail seperti model ekor pesawat (empennage) lainnya, semisal yang konvensional  pada pesawat terbang adalah memberikan kestabilan bagian belakang.

Seperti yang kita ketahui bahwa CEO Aprilia Racing MotoGP Massimo Rivola adalah orang jebolan dari Formula 1, jadi tidak aneh jika teknologi F1 diterapkan di MotoGP. Namun piranti baru ini belum terlihat dijajal oleh Aleix Espargaro dan Vinales, akankah langsung terpasang pada balapan Minggu besok?, kita tunggu saja.

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here