ARIPITSTOP.COM – Davide Brivio hijrah ke tim Alpine di Formula 1 hanya beberapa bulan setelah ikut membawa Suzuki Ecstar meraih gelar juara dunia melalui Joan Mir pada tahun 2020. Sejak kepergian Brivio, adapun tanggung jawab manajer tim dipikul kepala proyek Suzuki Ecstar, Shinichi Sahara. Kini setelah dua tahun tanpa manajer, Suzuki Motor Corporation mengumumkan kedatangan Livio Suppo untuk mengambil jabatan sebagai Manajer Tim Suzuki Ecstar pada MotoGP 2022.

Sosok Livio Suppo bukanlah orang yang sembarangan di MotoGP, Suppo pernah menjabat sebagai Manajer Ducati Team pada 2003, yakni tahun pertama skuad itu turun di MotoGP. Ia lah yang memboyong Casey Stoner dari LCR Honda ke Ducati pada 2007, yakni tahun di mana mereka merebut gelar dunia. Namun, pada 2010, Suppo hijrah ke Repsol Honda.

Suppo juga merayu Stoner ikut pindah ke Repsol Honda pada 2011, dan mereka kembali merebut gelar. Ia  juga sosok penting yang memboyong Marc Marquez. Bersama-sama, mereka merebut gelar 2013, 2014, 2016, dan 2017. Pada akhir 2017, Suppo memutuskan vakum dari MotoGP dan digantikan oleh Alberto Puig.

Pernyataan resmi Livio Suppo:

“Saya sangat bangga bisa menjadi Manajer Tim Suzuki Ecstar dan bahagia bisa kembali ke MotoGP setelah empat tahun. Saya juga merasa sangat terhormat bisa terlibat dalam proyek besar Suzuki. Jelas bakal jadi tugas menantang menjadi bagian dari sebuah pabrikan bersejarah di MotoGP, yang baru-baru ini merebut gelar pada 2020, bersamaan tahun ulang tahun mereka yang ke-100.

“Saya juga merasa ini akan jadi pengalaman menyenangkan, bekerja dengan dua rider bertalenta seperti Joan Mir dan Alex Rins, keduanya mampu bertarung di papan atas. Proposal Sahara-san datang pada waktu yang sempurna bagi saya. Tadinya saya sibuk membangun perusahaan e-bike saya, namun saya jelas merindukan paddock ini dan siap kembali.

“Dunia balap telah menjadi hidup saya hampir sepanjang karier saya, dan saya akan bekerja sebaik mungkin demi membawa pengalaman saya ke Suzuki Ecstar. Saya tahu mereka tim hebat, tapi mereka juga sekelompok orang yang menyenangkan, jadi ini bisa membantu kami meraih lebih banyak target secepatnya.

“MotoGP masa kini semakin seru, dengan banyak pembalap yang sangat cepat dan motor yang kompetitif dari semua pabrikan. Bakal sulit menantang semua orang yang berpartisipasi, di mana semua detail kecil bisa menghadirkan perbedaan. Namun, saya siap untuk kembali ke permainan ini dan mengerahkan segalanya demi berada di papan atas bersama Suzuki.”

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here