iklan gma

ARIPITSTOP.COM – Dari smeua pembalap yang penrah bersiteru dengan Valentino Rossi, hanya Marc Marquez yang sampai Rossi pensiun masih belum juga membaik hubungannya. Dulu Marquez kecil menganggap Rossi sebagai panutannya di dunia balap, namun sejak kejadian di tahun 2015, Marc Marquez hanya menganggap Rossi sebagai lawan di trek balapan. Meski begitu, Marc Marquez tetap berterimakasih kepada Rossi setelah menyatakan dirinya pensiun dari balapan, Rossi menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak orang menyukai balapan ini.

Kekesalan seorang Rossi kepada sosok Marc Marquez sepertinya memang terlalu mendalam, Marquez dianggap sebagai sosok pembalap yang menjegal dirinya dalam perebutan juara dunia ke-10 dengan cara yang kontroversial. Perseteruan Rossi vs Marquez bermula sejak MotoGP Argentina 2015. Rossi dan Marquez bersenggolan dalam perebutan posisi terdepan. Marquez jatuh, crash pertamanya di 2015, dan tak finis. Rossi melesat untuk meraih kemenangan keduanya di MotoGP 2015.

Kemudian, situasi tambah panas setelah kontroversi di Assen, Belanda. Di tikungan terakhir menjelang garis finis, Marquez dan Rossi berduel ketat memperebutkan posisi terdepan. Pada satu titik motor mereka bersenggolan. Hasil senggolan itu bikin Rossi meluncur keluar lintasan dan Marquez tetap di jalur. Tapi pada momen itu Rossi berhasil finis duluan karena dengan keluar keluar lintasan ia malah melewati rute yang lebih pendek daripada Marquez.

Pereteruan paling panas terjadi setelahnya, tepatnya di Malaysia hingga dijuluki sebagai ”Sepang Clash”. Rossi dianggap menendang Marquez sampai terjatuh. Gerak kaki dari Rossi bikin sejumlah kalangan mengasumsikan dirinya sudah menendang Marquez. Di sisi lain ada pula yang menduga bahwa gerakan kaki Rossi terjadi karena spontan, tanpa ada kesengajaan, setelah dirinya kehilangan pijakan usai lebih dulu kena sundul helm Marc Marquez.

Akibat kejadian itu, Rossi kena hukuman. Di balapan selanjutnya di Valencia yang jadi balapan pemungkas musim itu, Rossi harus start dari posisi paling buncit. Di akhir race, ia finis di posisi keempat usai menyalip total 22 pebalap. Tapi itu belum cukup lantaran Lorenzo finis pertama sehingga gelar juara dunia gagal diraih Rossi.

Melalui wawancara dengan Motorsport Total, Marc Marquez ditanya mengenai kemungkinan hubungan dengn Rossi akan mencair, ia menjawab hal ini bukan hanya tergantung kepada dirinya.

“Kami memang tak punya hubungan baik. Namun, saya tak masalah mengakui betapa pentingnya Vale untuk olahraga ini,” kata Marc Marquez.

“Kami tak pernah jadi rival langsung beberapa tahun terakhir, dan tidak tergantung pada saya apakah hubungan kami akan berubah. Tapi itu juga bukan hal yang saya risaukan,” tambahnya.

Menariknya meski punya hubungan buruk, Marc Marquez justru banyak memuji Valentino Rossi pada kesempatan ini. Dia bahkan secara terang-terangan menyebut, MotoGP seharusnya berterima kasih kepada sosok Valentino Rossi.

“Vale meraih banyak kemenangan dan melakukan banyak hal demi balap motor. Namun, yang paling utama, ia bikin banyak fans menyukai olahraga ini,” kata Marquez.

“Ini adalah hal yang tak bisa diulang. MotoGP harus berterima kasih padanya,”

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here