iklan gma

ARIPITSTOP.COM – Rasa penasaran sejak pertama kali CB150X dirilis akhirnya terjawab ketika hari ini kang ari diberikan kesempatan untuk mencicipi langsung motor terbaru dari Honda, motor yang belum lama launching ini ternyata benar-benar bikin kaget. Honda kali ini sebagai firts mover di motor adventure sport 150cc, berada diatas jok dan langsung geber motornya, wah kok langsung pengen touring saja nich…

Ok, untuk yang pertama kali tentunya akan saya mulai membahas bagian ergonominya dulu ni kang bro. Melihat motor CB150X yang memakai basis mesin serta rangka dari CB150R, namun karena didesain untuk motor Adventure maka motor ini ternyata lebih tinggi dibandingkan CB150R. Kita lihat perbedaan awal dari ketinggian jok CB150X mencapai 81,7 cm sedangkan CB150R diangka 79,5 cm, meski hanya beda sekitar 2,2 cm ternyata ketika menaiki motor ini beda banget lo rasanya. Saya yang tingginya 173 cm dengan bobot 62 kg, ternyata kakinya hanya menapak separo saja alias sedikit jinjit, widiuw… tapi tidak akan sejinjit ketika menaiki CRF150L, beda lah ya… inikan motor trail.

Kemudian posisi duduk tetap nyaman meski kaki agak sedikit jinjit, dengan ketinggian ground clearance mencapai 18,1 cm, posisi duduknya tetap ok. Ketika tangan memegang kedua stang, walah… tinggi juga bro, stang bisa tinggi karena motor ini memiliki Raiser Stang yang lebih tinggi dari CB150R, pantas saja motor ini jadi terasa tegap saat dinaiki dan hal ini membuat posisi badan atau punggung hampir tegak. Posisi seperti inilah yang membuat kaget nyamannya ketika diatas motor CB150X.

Kemudian posisi kaki saat ridingnya, dengan ergonomi motor yang touring banget ditambah dengan legroom di bagian kaki ternyata luas, motor ini sepertinya ketika diajak touring jarak jauh menjamin tidak akan kesemutan. Desain dari tangki yang melengkung menekuk menyesuaikan posisi dengkul saat kaki menekuk memang posisi kaki dimanjakan disini, jepitan paha ke tangki bisa pas. oiya… hampir ketinggalan, kenyamanan joknya seperti apa?, dibilang busanya empuk sich nggak empuk2 amat namun juga tidak keras kok, bentuk shapenya enak juga nyaman seperti ada supportingnya buat pinggang gitu biar tetap tegak.

Ok deh lanjut nyalain motornya, kunci kontak ke ON, speedometer digitalnya desain serta fiturnya sama plek persis seperti CB150R. Bagian stang kiri ada tombol pass beam, lampu jauh dan lampu dekat kemudian tombol sein serta klakson. Untuk stang kanan hanya ada tombol starter elektrik. Nyalain motornya… alus pisan sekali lagi sama persis plek ketiplek dengan CB150R ataupun CBR150R, lawong mesinnya juga sama, hehehehe… CB150X ini mengusung mesin 150cc DOHC berpendingin cairan dengan transmisi 6-percepatan dengan power maximum 11,5kW @9.000rpm dan torsi maksimum di angka 13,8Nm @7.000rpm.

Mesin sudah hidup, biasanya feeling pertama kali yang dirasakan adalah getaran di bagian stangnya ketika mesin dalam kondisi hidup. Getarannya benar2 minimal banget disini, rahasianya ada dibagian raiser stangnya, jadi di dudukan stang ini terdapat karet damper untuk meredam getaran di bagian stang, oalah… pantes. Ketika gas diplintir, getaran stang juga jadi minimalis.

Lanjut masukin giginya dech, ceklik… empuk juga ya injek gigi motor baru, hehehe… meski belum terpasang fitur assist & slipper clutch, nyatanya perpindahan gigi tetap enak kok bro, ceklak-ceklik congkel tetap enteng, ketika presneling dinetralin juga gampang.

Oiya bro… meski mesinnya sama seperti CB150R namun motor ini untuk spek power beda sedikit, lebih rendah dari CB150R yang punya power sebesar 12,4 kW @9.000 rpm, untuk torsinya sich sama. Meski power lebih kecil sekitar 0,9 KW, tapi saat dibuat riding perbedaan power tersebut tidak ketahuan, belum tahu nich kalau diajak touring di pegunungan. Karena dengan tes ride singkat ini belum bisa tergali tenaga aseli motor ini ketika diajak touring langsung, ok dech… next ketika ada kesempatan touring pakai CB150X akan saya bahas tersendiri ya…

Akslerasi menjadi salah poin tersendiri, ketika menginjak gigi 1 motor untuk sekelas 150cc langsung pengen nendang ke gigi 2, tendangan di gigi awal memang agak terasa cepat. Ledakan gigi 3 cukup nampol, bahkans aya geber gigi3 mentok sekitar 90kpj, sayangnya untuk geber gigi 4 belum bisa maksimal akibat lokasi test ride yang terbatas, di 100kpj sudah habis treknya padahal power masih ngisi.

Test ride kali ini memang dimanjakan dengan aspal mulus di lokasi Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center tepatnya di daerah Cikarang. Test jalan lurus, loch…. akslerasinya nendang juga loh… begitu ketemu liak-liuk chichane… ini disini yang luar biasa bedanya…

Buat menikung motor ini sangat nurut banget, bodi belakang langsung ngikut kedepan, ditambah dengan cengkeraman ban belakang juga ok punya alhasil liukannya bisa nyaman puuuol ditambah dengan ayunan sok USD SFF-BPnya asli ini jleb banget… Stang bisa nurut banget, badan langsung terbuai nggak mikirin mau ambruk karena terlalu miring karena saking nyamannya buat menikung, wkwkwkwk… yang nggak jago cornering seperti saya bisa langsung mantap miring-miring nggak mikirin mau jatoh.

Saya cobain ditikungan yang banyak lekukannya dengna kecepatan yang agak tinggi, motor tetap enak stabil, feelnya motor ini kalau diajak belok terasa ringan, effortless, tapi tetep presisi handlingnya.

Ok dech… lanjut bagian pengereman, motor ini memakai rem cakram depan dua piston dengan wave disc brake, sedangkan untuk rem belakang memakai kaliper single piston tetap wave disc brake. Soal pengereman motor ini pakem juga, buat mengerem mendadak, piston kaliper depan langsung menggigit piringan dengan sempurna, begitu juga dengan bagian belakang.

Disini yang saya ajungi jempol adalah bagian kinerja sok depannya, dengan sok USD SFF-BP, sok jenis ini juga dipakai di motor Kawasaki ZX-25R. Karakter sok ini tidak terlalu keras juga tapi juga tidak terlau empuk seperti CRF150L, beda banget rasanya. Ageliity ketika menunggang motor CB150X ketika meninggung langsung nancep, tanpa harus adaptasi berlebih, seperti yang saya bilang diawal, dibuat meliuk-liuk serta miring-miring motor ini langsung menyatu dengan kita.

Next… semoga segera mendapatkan kesempatan untuk touring bersama CB150X agar bisa merasakan lebih dalam ketika riding di jalan raya, apalagi di pegunungan ya…

New CB150X hadir dengan tiga pilihan warna yaitu Mandala Red, dan Amazon Matte Green. Untuk varian Special Edition (SE) terdapat warna Volcano Matte Black. New CB150X dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp 32,950,000.- dan untuk varian Special Edition (SE) Rp 33,450,000.-

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here