ARIPITSTOP.COM – Kali ini kang ari mau berbagi informasi mengenai kondisi fuelpump yang merupakan part penting di motor injeksi, fuelpump menjadi sosok penting agar motor injeksi bisa berjalan normal, part ini bertugas memompa bahan bakar yang ada di tangki untuk disalurkan ke injektor yang lalu disemprotkan ke ruang bakar. Jika Fuelpump tidak dirawat, maka motor bisa mogok seperti yang terjadi pada motor Honda PCX ini.

Motor injeksi memang butuh perawatan ekstra dibandingan motor karburator, motor karburator tidak akan memiliki masalah baerarti ketika ada air masuk ke dalam tangki, parahnya karburator kotor tinggal dibersihkan, kalau motor injeksi bisa merembet kemana-mana, dari fuelpump macet hingga injector mampet. Bahan bakar juga sangat berpengaruh, jika motor sering minum premium maka aan lebih cepat menimbulkan kerak/ endapan kotoran di dalam tangki.

Jika di dalam tangki sudah ada endapan maka kinerja filter fuelpump sangat dibutuhkan agar fuelpump bisa dengan lancar memompa bahan bakar menjuju injector. Biasanya bahan bakar jenis premium yang dengan mudah menghasilkan endapan di tangki. Jika endapan semakin banyak maka filter fuelpump akan cepat kotor dan jika sudah kotor maka akan mengakibatkan fuelpump bisa macet bahkan bisa merembet dengan injector mampet.

Pemilihan jenis bahan bakar menjadi salah satu fator kunci, namun jika sudah masuk ranah isi kantong maka semua tak bisa dipaksakan. Yang penting kini adalah perawatan motor terutama bagian filter fuelpump yang terpaksa harus bekerja keras menyaring kotoran. Pengecekan rutin atau bahkan jika perlu penggantian filter fuelpump sangat disarankan agar kinerja motor tidak terganggu. Pengecekan filter fuelpump secara rutin bisa dilakukan setiap setahun sekali atau 20ribu km lebih cepat lebih baik.

Seperti yang terjadi pada motor Honda PCX 125 yang mogok didorong ke bengkel Zona Speed yang berlokasi di jalan raya Hankam, Bekasi. Motor ini mogok dan setelah dilakukan pengecekan ternyata kondisi fuelpumpnya sudah tidak memiliki tekanan untuk mendorong bensin di tangki menuju injektor untuk bisa disemprotkan ke ruang bakar.

Ketika dicek menggunakan pressure gauge merk Tekiro, fuelpump ini sama sekali tidak mengeluarkan tekanan, padahal normalnya bisa sampai 300an kpa. Kenapa fuelpumpnya rusak?, bisa dilihat kondisinya sangat kotor banget, bahkan filter fuelpumpnya saja sampai kotor hitam pekat. Inilah pentingnya untuk merawat fuelpump.

Advertisements

8 KOMENTAR

  1. Bukankah itu sebenarnya tugas mekanik di bengkel resmi setiap kali servis mungkin tidak pernah dicek dan dibersihkan sama mekanik? Cmiiw.

    • Fuelpump setahu saya sebagai mekanik tidak boleh rutin setiap servis dibersihkan
      Hanya perlu servis berjangka saja misalnya setiap 20rb km ganti filter oli, memang disini mekanik perlu menanyakan riwayat servis sebekumnya, tapi konsumen juga hanrus aktif menanyakan apa yg perlu ditangani sesuai kilometrr pemakaian

  2. Klo yg ini kasusnya gegara nenggak premium Kang Ari?
    Atau sering ditinggal sedikit/jarang full bensinnya?
    Tangki Ada karat ga Kang? Biasanya yg begini rawan berkarat tangkinya…

  3. Kalau saya selalu rutin setiap 6 (enam) bulan sekali selalu menambahkan cairan injektor cleaner kedalam tangki bahan bakar walaupun saya selalu pakai Pertamax dan sesekali Pertamax Turbo. 🙏

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here