ARIPITSTOP.COM – Resmi, Indonesia bakalan akan menggelar balapan jet darat bertenaga listrik yang disebut sebagai Formula E. Kalender Formula E untuk musim 2022 telah resmi dirilis, dalam kalender tersebut Jakarta akan menjadi tuan rumah balapan Formula E. Meski sudah dipastikan digelar di Jakarta, namun belum diketahui dimana lokasi sirkuit jalanan yang akan dipakai karena di Monas tidak dapat ijin.

Berdasarkan penetapan FIA World Motor Sport Council di Kota Paris, Prancis pada Jumat (15/10), Indonesia menjadi salah satu dari 16 seri balapan yang akan dilangsungkan pada musim 2022. Balapan di Jakarta, dijadwalkan pada 4 Juni 2022, Indonesia menjadi seri ke sembilan.

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. Longo menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E.

Longo juga mengapresiasi upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan, sebuah filosofi yang senada dengan pandangan FEO.

“Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari tren mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil,” kata Longo dalam video yang diunggah Sabtu.

Terkait lokasi Formula E Jakarta, semula direncanakan berlangsung di kawasan Monumen Nasional alias Monas. Namun lantaran mengalami kendala terkait perizinan dari pemerintah pusat, akhirnya tim panitia harus mencari alternatif lokasi untuk gelaran Formula E Jakarta.

Secara keseluruhan, rencana menggelar Formula E Jakarta penuh lika-liku. Mulai dari persoalan anggaran biaya, pengajuan hak interpelasi oleh DPRD, hingga yang baru adalah soal penetapan lokasi balapan.

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pun membocorkan sedikit calon venue Formula E. Riza memastikan sirkuit Formula E tidak di Monas, tetapi di lima lokasi pilihan lainnya, di antaranya di Senayan hingga lokasi Pulau Reklamasi (Pantai Kita Maju Bersama).

“Macam-macamlah (lokasi Formula E), di antaranya di Senayan, di Pantai Maju Bersama, dan lain-lain,” kata Riza.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here