ARIPITSTOP.COM – Indonesia memang sudah dipastikan menjadi tuan rumah balapan WSBK dan MotoGP, pembalap dari Indonesia ada dalam perwakilan di salah satu kelas di kedua balapan tersebut. Namun sayangnya, ketika Indonesia menggelar balapan motor kelas internasional tersebut justru dilarang mengibarkan bendera merah putih dan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Meski menjadi tuan rumah balapan WSBK 2021 dan MotoGP 2022, Indonesia dilarang mengibarkan bendera merah putih dan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Hal ini disebabkan oleh Indonesia sedang terkena sangsi oleh Badan Anti Doping Dunia (WADA).

WADA tidak akan mengintervensi ajang yang sudah diumumkan kepastiannya. Berhubung Sirkuit Mandalika sudah menandatangani kontrak, maka MotoGP Indonesia bisa tetap berlangsung, tapi ada syaratnya.

Beberapa persyaratan yang harus dipatuhi oleh Indonesia. Pertama, selama menjadi tuan rumah balapan dunia, tidak boleh ada bendera Indonesia yang berkibar pada ajang olahraga selama masa hukuman berlangsung.

Kedua, lagu kebangsaan Indonesia Raya juga tak boleh dikumandangkan. Alternatifnya dapat memutar lagu nasional lainnya, serta mengibarkan bendera IMI selaku otoritas otomotif Indonesia.

Sebelumnya pada Jumat (8/10/2021), WADA merilis nama tiga negara yang dianggap tak patuh pada aturan doping, yakni Indonesia, Thailand, dan Korea Utara. Akibat vonis ini, mereka dinyatakan tak memenuhi syarat dapat hak jadi tuan rumah kejuaraan olahraga level regional, kontinental, dan internasional selama masa penangguhan.Tak hanya itu, seluruh atlet dari tiga negara di atas tetap akan diizinkan untuk bersaing di kejuaraan regional, kontinental dan internasional, namun bendera nasional mereka tidak akan dikibarkan di ajang olahraga apa pun selain ajang Olimpiade.

Hal serupa juga sudah dilakukan oleh GP F1 Rusia 2021 beberapa lalu. Sama dengan Indonesia, Rusia juga mendapat hukuman serupa yang berlangsung selama 2 tahun. Mereka pun mengganti lagu kebangsaannya dengan musik orkestra.

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Kalo tidak boleh kibarkan bendera merah putih ngapain segala ikut moto gp masih ada olahraga lain,-
    #NKRI HARGA MATI
    #INDONESIA PUNYA HARGA DIRI
    #INDONESIA BISA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here