ARIPITSTOP.COM – Quartararo tidak terbendung sejak lap awal di GP Inggris, kemenangan manis untuk semakin mendekatkan gelar juara dunia MotoGP 2021. Balapan di sirkuit Silverstone ini juga menjadi podium manis buat tim Aprilia karena merupakan podium pertama sejak era motor balap empat tak dimulai pada 2002 dan merupakan podium perdana Aleix Espargaro sejak MotoGP Aragon 2014.

Quartararo keluar sebagai juara setelah tampil dominan pada balapan MotoGP Inggris 2021 yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Minggu (29/8/2021). Sejak mengambil alih posisi terdepan, Quartararo tak bisa dikejar oleh Alex Rins dan Espargaro bersodara.

Pol Espargaro yang start dari posisi terdepan mengamankan posisi kesatu disusul Aleix Espargaro, Bangnaia, dan Quartararo. Keempat pembalap tersebut melebarkan selisih sekitar 0,540 detik dari penunggang motor di belakangnya. Sementara Valentino Rossi naik satu posisi menjadi urutan ketujuh. Balapan belum ada satu lap, Jorge Martin dan Marc Marquez terlibat insiden kecelakaan di Tikungan ke-9 sehingga keduanya tidak bisa melanjutkan balapan.

Quartararo kemudian memimpin balapan di lap kelima. Pol turun ke posisi ketiga setelah disalip Aleix di lap keenam. Memasuki lap delapan, Quartararo sudah unggul 1,8 detik atas Aleix. Satu lap kemudian Pol kehilangan posisi podium setelah disalip Alex Rins.

Di lap ke-12, Rins memanfaatkan kesalahan Aleix untuk berada di posisi kedua. Rins tampil luar biasa dengan sudah berada di posisi kedua di setengah balapan setelah start dari posisi 10. Rins harus bekerja keras untuk bisa menang di MotoGP Inggris 2021. Pasalnya, Rins terpaut hingga 3,4 detik atas Quartararo setelah sukses menyalip Aleix. Akhirnya Quartararo tak terbendung dan finish duluan disusul Alex Rins dan Aleix Espargaro.

Bagi Quartararo, ini merupakan kemenangan kelima di MotoGP 2021. Sebelumnya, dia menjadi juara di MotoGP Doha, MoroGP Portugal, MotoGP Italia, dan motoGP Belanda. Dengan tambahan poin penuh di MotoGP Inggris, Quartararo kian nyaman di posisi teratas klasemen MotoGP 2021. Saat ini, rider Prancis itu mengumpulkan sebanyak 206 poin.

Hasil balapan MotoGP seri Inggris 2021:

  1. Fabio QUARTARARO – Monster Energy Yamaha MotoGP
  2. Alex RINS – Team SUZUKI ECSTAR
  3. Aleix ESPARGARO – Aprilia Racing Team Gresini
  4. Jack MILLER – Ducati Lenovo Team
  5. Pol ESPARGARO – Repsol Honda Team
  6. Brad BINDER – Red Bull KTM Factory Racing
  7. Iker LECUONA – Tech 3 KTM Factory Racing
  8. Alex MARQUEZ – LCR Honda CASTROL
  9. Joan MIR – Team SUZUKI ECSTAR
  10. Danilo PETRUCCI – Tech 3 KTM Factory Racing
  11. Johann ZARCO – Pramac Racing
  12. Enea BASTIANINI – Avintia Esponsorama
  13. Takaaki NAKAGAMI – LCR Honda CASTROL
  14. Francesco BAGNAIA – Ducati Lenovo Team
  15. Luca MARINI – SKY VR46 Avintia
  16. Miguel OLIVEIRA – Red Bull KTM Factory Racing
  17. Cal CRUTCHLOW – Monster Energy Yamaha MotoGP
  18. Valentino ROSSI – Petronas Yamaha SRT
  19. Jake DIXON – Petronas Yamaha SRT

Gagal finis:

  • Marc MARQUEZ – Repsol Honda Team
  • Jorge MARTIN – Pramac Racing
Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here