ARIPITSTOP.COM – Sebuah pabrikan ketika merancang sebuah motor pastinya sudah dipikirkan bagaimana agar ketika motor itu nyaman ketika dikendarai, tidak mudah membangun sebuah motor karena harus memikirkan dari segala aspek, oleh karena itu pabrikan biasanya memberikan garansi terhadap motor yang dijualnya karena itu menjadi jaminan bahwa kualitas motor tersebut benar2 teruji. Namun semua yang masuk kategori garansi adalah jika motor dalam keadaan standar tidak ubahan modifikasi. Lalu bagaimana kalau motor rusak akibat modifikasi?, ya harus mengeluarkan kocek sendiri, seperti pada motor Honda Beat ini yang mengalami patah rangka akibat penambahan bracket untuk membawa beban berat.

Video klik disini

Motor kecil baitu itu bebek maupun matic biasanya dirancang untuk tidak membawa beban berat, terlebih penambahan aksesoris bracket, kalaupun ada bracket hanya untuk beban ringan saja. Berbeda dengan motor sport atau moge yang terkadang sudah terpasang bracket untuk membawa box rice cooker, itupun dengan catatan ada beban maksimalnya. Jadi tidak sembarangan menambahkan beban pada suatu motor, seperti pada motor Honda Beat ini.

Dishare oleh bro afrizalnaga melalui DM, bengkel dirinya tempat kerja mendaoatkan konsumen Honda Beat yang alami rangka patah di bagian belakang. Rangka patah ini bukan karena cacat pabrik melainkan akibat modifikasi yang kurang perhitungan.

Motor Beat ini digunakan sebagai motor operasional yang setiap harinya mengangkut sebuah tangga yang bebannya cukup berat, sehingga semakin lama, rangka tidak kuat menahan beban.

Akhirnya rangka yang patah disambung lagi dengan cara dilas.

Jadi, hati2 ketika modifikasi, pikirkan beban yang dibawa, jika perlu pada rangka ditambah plat besi agar rangka bisa kuat menahan beban berat.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here