ARIPITSTOP.COM – Sebuah insiden memilukan terjadi di hari pertama Lebaran Idul Fitri 1442H, pasalnya sebuah motor matic terbakar ketika mengisi BBM. Motor berjenis Yamaha Aerox 155 ini diinfokan terbakar ketika mengisi BBM eceran sambil menghidupkan motor.

Sebuah informasi yang semestinya menjadi pembejaran bersama buat kita semua, dishare oleh akun bernama Rizky Radhitya Diverzha di sbuah group FB. Dalam postingan tersebut diterangkan jika motor milik saudaranya tersebut terbakar ketika mengisi bensin eceran namun mesin tidak dimatikan.

Melihat keterangan diatas, bisa dijabarkan sedikit kronologinya sebagai berikut:

  • Motor ini berhenti membeli bensin eceran, kunci kontak dimatikan untuk membuka tutup tangki
  • Kemudian botol bensin dituangkan ke tangki yang terletak di bagian depan.
  • Ketika botol bensin dituangkan, motor dinyalakan dan mesin menyala.
  • Dalam keadaan mesin menyala dan proses mengisi bensin pakai botol belum selesia, tiba2 timbul percikan api dan menimbulkan kebakaran hebat.

Akibat insiden ini terlihat motor Aerox 155 ludes terbakar, kejadian ini tidak akan terjadi jika SOP dijalankan semua motor yang mengisi bensin diwajibkan konsumen turun dari motor meskipun itu motor sport atau motor yang tutup tangkinya berada diluar bagasi motor. Dan pastinya motor atau kendaraan tidak boleh dinyalakan ketika masih dalam kondisi mengisi bensin.

Menyalakan mesin mobil ataupun motor saat mengisi bensin sangat berbahaya karena berpotensi kebakaran. Alasan mesin kendaraan harus dimatikan saat mengisi bensin karena ada aliran listrik statis. Aliran listrik ini bisa memicu muatan listrik menjadi tidak stabil di dekat selang bensin.

Listrik yang tidak stabil itu akan menimbulkan percikan api dan sangat berbahaya jika terkena uap bahan bakar di sekitar selang. Dampak terburuknya terjadi kebakaran.

Paling berbahaya adalah saat mobil atau motor sedang diisi bensin kemudian kita starter. Karena saat starter mobil atau motor, mesin menggunakan bensin dan sistem kelistrikan lebih banyak agar mobil/motor bisa menyala dengan cepat.

Selain menyalakan mesin, faktor yang membuat terjadinya kebakaran saat mengisi bahan bakar adalah penggunaan ponsel. Aliran listrik statis bisa timbul saat ponsel digunakan terlebih saat menelepon.

Advertisements

3 KOMENTAR

  1. modif nya keren lo cat type arang jd terkesan asli 😋wk wk wk goblok berfaedah mmg beda kl sy nemu ni orang di spbu bakal sy usir dr antrian ribut sekalian rela drpd kena api dan korban jiwa yg lbh banyak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here