ARIPITSTOP.COM – Quartararo berhasil merebut pole position pada kualifikasi MotoGP Prancis 2021. Quartararo sukses mengamankan posisi start terdepan dengan catatan waktu terbaik waktu 1 menit 32,600 detik. Melengkapi grid terdepan, ada rekan setim Quartararo, Maverick Vinales, dan Jack Miller.

Sesi kualifikasi pertama atau Q1 masih berlangsung pada trek basah. Alhasil pembalap menggunakan ban kompon basah dan persaingan memperebutkan posisi dua teratas sangat ketat.

Beberapa pembalap bergantian menempati urutan dua teratas. Namun yang lolos dari Q1 justru dua nama mengejutkan. Adalah pembalap Aprilia, Lorenzo Savadori lewat catatan 1 menit 42,550 detik dan Luca Marini berkat lap 1 menit 43,352 detik.

Nama-nama pembalap top seperti Joan Mir, Alex Rins, sampai Pecco Bagnaia justru gagal lolos ke Q2. Awal Q2, pembalap sempat menggunakan ban kompon basah. Tapi kemudian trek mengering sehingga pembalap kembali masuk pit untuk memakai ban slick.

Persaingan cukup dramatis saat sesi kualifikasi kedua MotoGP Prancis 2021 semenjak lima pembalap teratas mencetak lap terbaik pada usaha terakhir mereka. Kerja keras pembalap Yamaha menggagalkan dominasi Honda yang sempat terlihat sudah mengunci tiga posisi start terdepan. Marc Marquez harus rela melorot dari posisi pertama ke posisi enam setelah catatan waktunya diungguli dalam situasi yang sempat terlihat mustahil.

Sementara hasil kurang bagus diraih oleh pembalap Suzuki Ecstar, karakter sirkuit Le Mans ini memang kurang bersahabat untuk motor Suzuki GSX-RR, melihat hasil balapan tahun lalu di sirkuit yang sama kedua pembalap suzuki mendapatkan hasil kurang bagus. Pada sesi kualifikasi Alex Rins dan Joan Mir start dari posisi 16 dan 14 kemudian ketika balapan justru Alex Rins gagal finish dan Joan Mir hanya finish diurutan 11.  Sedangkan start balapan hari ini Joan Mir ada di posisi 14 dan Alex Rins posisi 15.

Hasil kualifikasi MotoGP Prancis 2021:

  1. Fabio Quartararo – Monster Energy Yamaha
  2. Maverick Viñales – Monster Energy Yamaha
  3. Jack Miller – Ducati Lenovo Team
  4. Franco Morbidelli – Petronas Yamaha SRT
  5. Johann Zarco – Pramac Racing
  6. Marc Marquez – Repsol Honda
  7. Takaaki Nakagami – LCR Honda Idemitsu
  8. Pol Espargaro – Repsol Honda
  9. Valentino Rossi – Petronas Yamaha SRT
  10. Miguel Oliveira – Red Bull KTM Factory Racing
  11. Lorenzo Savadori – Aprilia Racing Team Gresini
  12. Luca Marini – Sky VR46 Avintia
  13. Aleix Espargaro – Aprilia Racing Team Gresini
  14. Joan Mir – Suzuki Ecstar
  15. Alex Rins – Suzuki Ecstar
  16. Francesco Bagnaia – Ducati Lenovo Team
  17. Danilo Petrucci – Tech3 KTM Factory Racing
  18. Iker Lecuona – Tech3 KTM Factory Racing
  19. Alex Marquez – LCR Honda Castrol
  20. Tito Rabat – Pramac Racing
  21. Brad Binder – Red Bull KTM Factory Racing
  22. Enea Bastianini – Avintia Esponsorama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini