ARIPITSTOP.COM – Jack Miller berhasil menjuarai balapan MotoGP Prancis 2021 yang berlangsung kacau balau. Cuaca yang tida menguntungkan dan tidak stabil membuat balapan menjadi penuh drama. Di awal start balapan berlangsung dalam keadaan kering namun balapan baru berjalan 3 lap, hujan turun dan kekacauan mulai terjadi.

Quartararo start paling depan disamping grid ada Vinales lalu Jack Miller. Bendera berkibar… Jack Miller langsung melaju kencang disusul Vinales dan Quartararo.

Lap kedua, Vinales berhasil overtake Miller disusul Marc Marquez lalu Pol Espargaro lalu ada Nakagami didepan Alex Rins yang berhasil melakukan start bagus. Vinales 0,2 detik di depan Miller dan Quartararo. Terlihat dari layar kaca mulai gerimis kecil dan tidak lama kemudian bendera putih dikibarkan tandanya harus Flag to Flag.

Lap 3, Jack Miller ambil alih posisi pertama diikuti Fabio Quartararo, Alex Rins, Marc Marquez dan Maverick Vinales.

Lap 4, Quartararo memimpin di depan Miller.

Lap 6 akhirnya terjadi Flag to Flag terjadi semua Pembalap masuk Paddock untuk berganti Motor, Marc Marquez memimpin Out Lap dan memimpin 0,7 detik di depan Quartararo yang sempat salah kamar, masuk ke tempat Vinales. Kesalahan dilakukan oleh Jack Miller dan Bagnaia karena Over Speeding di Pitlane dan harus menjalani penalti dua kali Long Lap.

Aksi cemerlang ditunjukkan Marc Marquez, sebab dia bisa melakukan pergantian motor dengan cepat, langsung memimpin balapan. Nahas, petaka terjadi pada Marc Marquez. Dia terjatuh di tikungan terakhir setelah nyaris 4 lap memimpin.

Lap 12 Quartararo melakukan Long Lap Penalty karena kesalahan Dalam melakukan Bike swap. Aksi Jack Miller tak terbendung sejak lap ke-12. Meski sempat mengalami double long lap penalty lantaran melanggar batas kecepatan saat memasuki pit lane. Jack berhasil mengasapi Fabio Quartararo.

Lap 18 Awal Lap 18 jack Miller yang sedang memimpin 4,7 detik di depan Quartararo. Marc Marquez Crash untuk kedua kalinya.

10 lap tersisa, Quartararo terus berada di tempat kedua. Tapi saat memasuki lap ke-22 posisinya merosot ke posisi tiga, ia harus rela disalip oleh Johann Zarco akibat penggunaan ban soft softnya yang sudah menipis. Posisi Quartararo bertahan hingga akhir balapan.

Di akhir balapan Jack Miller keluar sebagai pemenang, disusul Johann Zarco dengan selisih waktu 3,970 detik, dan ketiga Fabio Quartararo berjarak 14,468 detik lebih lambat dari posisi terdepan.

Berikut hasil balapan MotoGP Prancis 2021:

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here