ARIPITSTOP.COM – Honda menjadi pabrikan ketiga yang memastikan penampilan mereka di MotoGP setelah musim 2021 berakhir, setelah KTM dan Ducati. Tradisi kontrak lima tahunan itu memang disyaratkan Dorna selaku operator MotoGP. Pabrikan yang belum perpanjang jatah main di MotoGP adalah Yamaha, Suzuki dan Aprilia.

Honda akan terus menambah sejarah mereka di balap Grand Prix karena kesepakatan ditandatangani dengan Dorna Sports S.L. untuk bersaing selama lima tahun ke depan, dari 2022 hingga 2026.

Sebuah perjalanan Honda di dunia balap yang dimulai pada tahun 1954 ketika pendiri Honda, Soichiro Honda, mendeklarasikan masuknya ke Isle of Man TT, ajang balap sepeda motor utama pada zaman tersebut, dengan tujuan menjadi yang terbaik di dunia. Perjalanan sejauh ini telah menghasilkan 100 kemenangan dengan pembalap berbeda dengan motor Honda dan mengumpulkan lebih dari 800 kemenangan di semua kategori. Di kelas utama saja, Honda telah meraih 850 podium dan 25 juara dunia, lebih banyak dari merek lain dalam sejarah.

Perjalanan akan berlanjut setidaknya selama lima tahun lagi karena Honda telah setuju dengan pemegang hak komersial dan promotor seri Dorna Sports S.L. untuk menjamin tempat mereka di grid hingga 2026.

Noriaki Abe | Managing Officer, Operasi Sepeda Motor, Honda Motor Co., Ltd:

“Pertama, saya ingin menyampaikan rasa hormat dan terima kasih saya kepada Carmelo Ezpeleta dan semua orang di Dorna Sports atas kerja keras mereka dalam menyelenggarakan balapan selama pandemi COVID-19. Saya sangat senang kami telah memperbarui kontrak kami untuk bersaing di MotoGP dari 2022 hingga 2026.

“Honda telah berkompetisi di FIM Grand Prix World Championship sejak 1959, dan memenangkan grand prix ke-800 tahun lalu. Honda percaya balapan MotoGP sangat penting untuk aktivitas olahraga motor kami. MotoGP adalah puncak balapan sepeda motor ini memungkinkan kami untuk mengembangkan berbagai teknologi, dan melalui persaingan yang ketat, mengajari para insinyur kami dan memupuk keterampilan mereka. Dengan para insinyur yang bekerja pada pengembangan kendaraan produksi, Honda dapat menciptakan produk yang lebih baik bagi pelanggannya. Honda akan terus membawa impian dan kegembiraan kepada pelanggannya di seluruh dunia melalui aktivitas olahraga motornya, termasuk MotoGP. ”

Carmelo Ezpeleta, CEO DORNA:

“Pengumuman penting ini sangat membanggakan bagi MotoGP karena Honda adalah salah satu nama pertama yang terlintas di benak kami saat memikirkan balapan sepeda motor. Pabrikan Jepang telah menjadi bagian penting di masa lalu, sekarang, dan masa depan Kejuaraan Dunia MotoGP FIM dan pembaruan ini semakin memperkuat komitmen antara kedua belah pihak. ”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini