ARIPITSTOP.COM – Ducati berhak memastikan gelar juara dunia konstruktor MotoGP 2020 berkat Jack Miller finis kedua di MotoGP Portugal, Minggu (22/11). Miller yang memulai balapan dari posisi ketiga sukses menjaga konsistensi di sepanjang balapan. Pembalap pabrikan Ducati itu bahkan mampu finis kedua usai melewati Franco Morbidelli di menit-menit akhir. Atas tambahan 20 poin ini, Ducati menyalip Suzuki yang memuncaki klasemen sebelum balapan MotoGP Portugal, dan Suzuki justru harus puas tergeser di posisi ketiga.

Sebelum MotoGP Portugal dimulai, Suzuki dan Ducati jadi dua pabrikan yang paling berpeluang juara konstruktor lantaran sama-sama mengantongi 201 poin. Tapi kesempatan bagi Suzuki untuk meraih Triple Crown telah sirna setelah kedua pembalapnya terpuruk di balapan seri terakhir. Alex Rins hanya mampu finis ke-15 sementara juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir, gagal finis lantaran motor yang ditungganginya mengalami masalah teknis di pertengahan race.

Penampilan buruk Suzuki membuka celah lebar bagi Ducati untuk mencuri gelar juara konstruktor lewat Miller. Ducati memastikan gelar konstruktor dengan koleksi 221 poin. Yamaha berhak menjadi runner up dalam daftar klasemen konstruktor MotoGP 2020 dengan 204 poin atau unggul dua poin dari Suzuki yang harus turun ke peringkat ketiga.

Berikut klasemen akhir konstructor MotoGP 2020:

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here