ARIPITSTOP.COM – Jack Miller yang terlihat garang di balapan pertama di MotoGP Misano namun harus menyerah lebih awal ketika balapan kedua di sirkuit yang sama, penyebabnya bikin geleng-geleng kepala karena motornya ngempos akibat Tear Off alias pelapis kaca helm menyumbang lobang filter udara.

Jack Miller mengalami balapan dari start kedua di MotoGP Emilia Romagna, start dengan bagus bisa bersaing dengan barisan terdepan namun balapan baru berjalan dua lap dirinya terlihat mendapatkan kendala teknis. Jack Minggir meminggirkan motornya hingga pembalap lain bebas menyalipnya, tak lama kemudian dirinya langsung masuk ke paddock dan tidak meneruskan balapan.

Setelah diinvestigasi oleh pihak teknisi Pramac Ducati, motor Jack Miller alami kehilangan tenaga akibat Tear Off alias lapisan pelindung helm masuk ke lobang filter udara. Kejadian ini diceritakan oleh Jack Miller di story instagramnya, disitu menyebutkan jika Tear Off yang masauk menyumbat jalur filter udara ternyata punya Quartararo, terlihat ada nomor 20 di Tear Off tersebut.

Kalau kita jeli melihat tingkah laku para pembalap MotoGP sesaat sebelum membalap, mereka sering sekali melepas Tear Off ini secara sembarangan seperti buang sampah sembarangan. Saya sendiri saja membayangkan bagaimana itu kalau Tear Off yang bahannya semacam plastik menempel di ban membaut tergelincir, hehehe… akhirnya malah kejadian di Jack Miller menyumbat jalur udara, ya pasti ngempos dech…

Kejadian seperti ini juga sering kita alami loch di motor kita sendiri, contohnya tidak sengaja menaruh jas hujan deket moncong lobang filter udara,menaruh barang2 kain, plastik atau kanebo di depan monocng box filter udara. Dan anehnya kita bingung kenapa motor tiba2 bisa ngempos kehilangan tenaga, padahal ulah kita sendiri, hehehe…

Atas kejadian ini, mungkin pihak Dorna bisa membuat regulasi tentang melepas tidak boleh membuang Tear off secara sembarangan.

Advertisements

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here