ARIPITSTOP.COM – Busi menjadi salah satu peranan terpenting agar motor bisa berjalan dengan normal dan nyaman, Busi menentukan besaran percikan api di ruang bakar untuk menciptakan pembakaran yang sempurna. Oleh karena itu jangan sampai salah pilih Busi, apalagi sampai memakai Busi palsu yang tentunya memiliki kinerja yang buruk dibandingkan dengan Busi yang asli. Biasanya Busi yang laris di pasaran maka akan ada Busi tiruannya alias Palsu, lalu bagaimana cara membedakan Busi asli dengan yang palsu?.

Busi menjadi faktor penting yang mempengaruhi performa mesin. Jadi, menggunakan Busi berkualitas menjadi sebuah keharusan bagi pemilik motor dan salah satu caranya dengan menggunakan yang asli. Namun, kini marak beredar Busi palsu, dengan harga yang lebih murah sehingga si empunya kendaraan tertarik menggunakan busi aspal tersebut. Seperti yang baru saja saya temukan di bengkel Zona Speed yang berlokasi di Jalan raya Hankam Bekasi.

Pemilik motor ini baru saja beli Busi, ketika saya lihat ternyata Busi yang diserahkan ke Saya tersebut merupakan Busi palsu. Mudah bagi Saya untuk membedakan Busi Asli dengan yang palsu karena memang sudah terbiasa, bahkan hanya sekedar melihat tanpa memegang saja sudah terlihat kok mana busi Asli dan yang palsu. Lalu bagaimana cara membedakannya ?

Pertama, dari drat pada busi. Ulir pada busi asli akan lebih halus dibanding yang palsu. Bisa dilihat foto dibawah ini, drat Busi Palsu terlihat kasar.

Kedua dari penulisan part number, pada Busi yang asli akan tersusun rapi dan teratur. Umumnya pada busi palsu tulisan hitam, tebal, dan posisinya tidak rapi. Lihat cetakan tipe busi di bagian metalnya, untuk busi yang palsu terlihat tidak rapi.

Ketiga, Busi yang asli selalu terdapat nomor lot produksi pada bagian hexagonal, ini tidak ada di Busi palsu.

Keempat busi biasanya ada gasket yang sulit dilepas, kalau pun bisa (dilepas) nanti gasket itu akan sulit dipasang kembali, pada busi palsu ring atau gasket itu mudah dilepas-pasang.

Kelima, bisa dilihat dari material metal shell. plating metal shell pada busi asli memakai bahan baja yang kuat dan tidak mudah berkarat. Sedangkan busi palsu umumnya mudah berkarat bahkan saat baru dibuka dari kardusnya sudah terlihat titik-titik karat yang terdapat pada plating metal shell-nya.

keenam, bisa melihat dari bagian ujung elektroda, tepatnya pada gap dan penyambung. Perhatikan konstruksi ujung elektroda, gap dan penyambungan di busi asli sangat rapih. Sehingga kemungkinan untuk patah dan merusak mesin tak akan ada.

Advertisements

4 KOMENTAR

  1. Nice inpoh kang ari. Artikel2 seperti inilah yg menurut saya menjadi ciri khas warungnya mas ari. Mohon diperbanyak mas, betah saya baca nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here