ARIPITSTOP.COM – Suzuki Katana dilahirkan kembali pada tahun 2018 silam, kini Katana dengan desain yang lebih fresh, desain ini adalah olahan desainer asal Italia bernama Rodolfo Frascoli yang sebelumnya Katana lawas adalah hasil olahan dari desainer asal Jerman. Meski di desain oleh orang Eropa namun khas Katana tetap menempel dan motor inilah yang menjadi perburuan para biker di Jepang.

Tidak sulit untuk menemukan motor Suzuki Katana di jalanan Jepang terutama di kota besar seperti Tokyo. Ketika saya berkunjung ke salah satu toko aksesoris motor bernama RicLand di Tokyo beberapa waktu yang lalu, terparkir dua motor Suzuki Katana. Apalagi ketika saya ketika menonton MotoGP di sirkuit Twin Ring Motegi, terparkir barisan moge yang sangat banyak dan dengan mudahnya menemukan motor berbasis dari GSX-S1000F ini.

Ketika saya berkunjung ke salah satu dealer Suzuki di Tokyo, bernama Suzuki World, berbagai macam moge dipajang dan memang Katana mendominasi di dealer ini, apa alasannya?, ternyata Suzuki Katana menjadi salah satu motor paling laris di Jepang, bahkan lebih laris dibandingkan motor2 kecil, karena memang di Jepang lebih didominasi motor besar.

Tak mudah membeli motor di Jepang terutama untuk motor 400cc keatas, para pembeli harus punya lahan parkiran terlebih dahulu minimal mereka harus menyewa parkiran, tanpa syarat itu mustahil bisa membeli sebuah motor di Jepang.

Suzuki Katana di Jepang dibanderol 1.540.000 Yen alias 206 jutaan rupiah saja, ediaan sebenarnya murah tapi kalau masuk Indonesia kena pajak yang sangat tinggi bisa tembus minimal 450 jutaan.

Menurut keterangan dari salah satu internal dealer tersebut, pengiriman unit Suzuki Katana hanya membutuhkan waktu sekitar satu minggu dari proses pembayaran, hal ini juga sebenarnya berlaku untuk unit yang lain.

Suzuki Katana memakai basis mesin dari Suzuki GSX-S1000F, bisa dibayangkan dahsyatnya power yang dikeluarkan dengan kapasitas mesin 999 cc bertenaga 150 h@10.000 rpm dan torsinya 108 Nm @9.500 rpm. Ditunjang dengan Assist And SLipper clutch, 3 tingkat Traction Control serta Pengereman ABS.

Katana memiliki panjang 2.125 mm, lebar 830 mm dan tinggi 1110 mm. Jarak sumburoda disajikan 1.460 mm dan jarak tinggi ke tanah 140 mm. Kapasitas tangki 12 liter dan bobot hanya 215 kg. Ban depan memiliki ukuran 120/70 ZR17 dan ban belakang berprofil 190/50 ZR17.

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here