beat

Pada master rem depan terdapat terdapat indikator ketebalan kampas rem, disitu ada tanda garis batas upper dan lower. Jika ketinggian minyak rem berada di batas lower/ garis bawah belum tentu minyak remnya habis.

Masih saja ada biker yang salah mengartikan indikator ini, jika minyak rem turun disangkanya minyak rem habis atau berkurang…itu persepsi yang salah. Minyak rem turun di garis lower ada dua kemungkinan yang pertama kampas rem habis/tipis dan yang kedua minyak rem bocor.

pizap.com13692157719251

Minyak rem di indikator bisa turun ke garis lower lebih banyak karena ketebalan kampas rem sudah mulai tipis. Jika ketebalan kampas rem sudah tipis bahkan sampai habis maka piston di kaliper akan lebih menonjol keluar oleh karena itu minyak rem turun. Jika minyak rem terlihat habis di indikator master rem maka cek dulu kampas remnya jika kampas remnya habis segera ganti kampas remnya dan minyak rem akan naik lagi setelah kampas rem ganti baru.

pizap.com13692165195614

Jadi jangan buru2 nambahin minyak rem saat minyak rem turun ke lower. Jika minyak rem ditambahin dalam kondisi kampas rem aus maka saat kampas rem di ganti yang baru piston di kaliper akan mendorong terus kampas remnya alhasil kampas rem cepat habis.

pizap.com13692162334364

Faktor kedua minyak rem habis karena ada kebocoran, karena selama tidak ada kebocoran minyak rem tidak bisa habis. Minyak rem bocor biasanya ada rembesan yang keluar di seal master remnya atau di piston kaliper. Jika kampas rem masih tebal maka diindikasikan ada yang bocor, cek kondisiseal master rem atas dan piston kalipernya.

Jadi jangan buru buru tambahin minyak rem ya…

 

 

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Pernah ane nolongin cewek nyungsep bawa honda beat,kbetulan warnanya ijo sama sprti gmbr diatas.Kampas cakramnya ngunci gara2 mang dah habis,tp yg ane heran,ane buka nepel yg ada di kalipernya yg kluar cuma 2tetes gan,ane pompa berkali2 handle remnya yg kluar cuma angin,trs kemana tu gan larinya minyak rem padahal seal yg dapet pistonya kering

  2. nevil ku semnjak turun dari sorum ko rem belakang’a ngelos, tak cek ko trnyata minyak rem’a g ada/kosong, apa mungkin dari pabrik’a lupa ngisi minyak rem’a,
    kira” itu bisa diclaim gak kang?’

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here