mio m3 125

Sebenarnya sich bloger2 kondang sudah bahas ini tapi saya coba bahas dengan sisi agak beda dikit lach hehehe… Mio M3 125 sekarang sudah tidak mengandalkan lagi tenologi YMJET FI namun kini berganti dengan blue core yang merupakan gabungan teknologi dari motor matic sebelumnya sehingga menghasilkan motor yang efisien, handal dan bertenaga.

Saya akan bedah teknologi yang ada di MIO M3 125, kali ini saya akan bahas sistem pengisian ke aki. Mio M3 menganut sistem pengisian 1 Phase terbuka sebenarnya sama dengan Mio j yang lama namun untuk  Mio M3 125 besaran out put-nya lebih besar dari mio Mio j yaitu sebesar 14,0v, 150w@5000 rpm dibandingkan dengan Mio j cuma 125w@5000 rpm ( lihat tabel dibawah). Stator Mio 3 memiliki 12 kutub sedangkan di magnetnya ada 11 pitch, bisa menghasilkan daya out put yang besar dan stabil untuk kebutuhan kelistrikan fi, battery, lampu dll.

 

MIO M33

Pengisian alias setrum aki memakai sistem pengisian 1 phase terbuka, cara kerjanya ketika motor dihidupkan maka stator akan akan menghasikan tegangan listrik yang tinggi ber arus AC, tegangan listrik ini akan di salurkan ke rectifier & regulator alias kiprok untuk dirubah menjadi arus DC untuk di salurkan ke aki, nach pada saat sistem penyetruman ke aki berlangsung arus terus berjalan sampai mengisi penuh ke aki, jika pengisian alias penyetruman ke aki sudah penuh maka pengisian akan terhenti, inilah sistem kerja pengisian 1 phase terbuka dimana setrum aki akan berhenti jika aki sudah penuh sehingga kinerja stator bisa lebih ringan sehingga mengurangi beban mesin karena generator berhenti mensuplai arus listrik. Beda dengan sistem pengisian 1 phase tertutup seperti di Mio lama atau mio sporty jika pengisian ke aki sudah penuh maka sistem charging tetap berjalan arusnya dibuang ke massa sehingga generator ( strtor dan magnet) tetap bekerja terus.

MIO M32

Selain itu Mio M3 125 juga sudah dilengkapi dengan kapasitor bank letaknya jadi satu dengan kiprok jadi motor akan tetap hidup meski aki dalam kondisi soak bahkan tanpai aki motor juga tetap bisa hidup. Tapi kapasitor bank ini hanya sebagai cadangan saja loch… jika aki sudah soak ya secepatnya diganti karena jika suplay arus ke siatem injeksi tidak stabil akan mengakibatkan kinerja sistem injeksi tidak bekerja maksimal. Nach untuk membuktikan Mio M3 125 bisa hidup tanpa ki monggo lihat videonya dibawah ini.

via hp klik disini.

Advertisements

35 KOMENTAR

  1. oke deh.. brrti kapasitor bank,y kya di verza ya kang..?

    pengen tau tinggi piston,y kang..? buat di z1 ane. kaya,y di kompresi,y 9,5:1 nih.

  2. kalau mio m3 tidak di pake sampai 2 bulan, apa accunya mesti di cabut? atau gimana penanganannya supaya motor tetap ok nantinya?

    • Nggak perlu dicabut, sebenarnya asal kunci off nggak masalah.
      Klo misalkan aki dua bulan nggak dipakai nanti ngedrop itu wajar karena aki bersifat self discharge dan penanganannya cukup di charge ulang

      • makasih kang….jadi cuma di charge ulang aja nanti ya… charge ulangnya apa bisa di tempat servise yamaha atau di mana ya? maaf newbie banget soal motor..

  3. Kang ari….mow tanya…low mio j diganti dngn kiprok tiger apakah kondisinya sama dengan yg anda jelaskan diatas,maksudnya apabila aki udah penuh akan berhenti dengan sendirinya untuk pengisiannya….mohon penjelasannya

  4. mau tny mas,,utk jalur kabel kiprok nya sndiri apakah sama dg jalur mioJ,,kalo mioJ kan blom ada kapasitor,,mksud nya apa bisa itu kiprok 2PH d masukin ke 54P punya,,makasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here