ARIPITSTOP.COM – Perpisahan Marc Marquez dengan Honda adalah salah satu perpisahan yang sangat emosional, kedua belah pihak sudah merasakan banyak kemenangan dan sempat terpuruk akibat motor yang kurang kompetitif. Marc ketika berpamitan dengan Honda bukan mengatakan sebuah perpisahan namun sampai jumpa yang artinya dirinya masih berniat untuk kembali lagi ke Honda saat motornya sudah kompetitif, lalu bagaimana dengan jawaban dari Honda ?.

Marc Marquez, keluar dari Honda dengan menyatakan bahwa itu bukanlah selamat tinggal melainkan sampai jumpa lagi. Kata-kata tersebut, ditambah dengan upaya Honda di belakang layar untuk membawa mereka kembali ke posisi terdepan pada MotoGP telah menimbulkan klaim bahwa mereka akan mencoba merekrut kembali Marquez.

Juara dunia delapan kali itu telah menandatangani kontrak satu tahun dengan Gresini Ducati sehingga ingin memutuskan masa depan jangka panjangnya pada musim panas ini.

Manajer tim Alberto Puig ditanya apakah Honda berniat membawa Marquez kembali pada tahun 2025, dan dia menjawab kepada Marca : “Niat Honda hari ini adalah untuk meningkatkan kualitas motornya.

“Kami harus memiliki sepeda motor yang kompetitif lagi, tidak seperti tahun lalu. Itu poin nomor satu, yang paling penting.

“Kemudian, secara logis, kembangkan motor selama musim dingin dan balapan pada tahun 2024 dan lihat motor apa yang kami miliki dan apa yang dapat dilakukan pembalap kami dengan motor tersebut.

“Dan, mulai pertengahan musim dan seterusnya, lihatlah di mana kami berada.

“Hanya itu yang bisa saya katakan sekarang. Memikirkan lebih dari itu adalah hal yang gila.

“Prioritas nomor satu: mengembangkan dan meningkatkan motornya.”

Yamaha dan Honda mulai musim 2024 mendapatkan konsesi yang lebih menguntungkan dibandingkan para pabrikan Eropa, hal ini tentu saja menguntungkan bagi Honda untuk mengembangkan motornya lebih cepat.

“Levelnya sangat tinggi.

“Jelas, konsesi akan sangat membantu.

“Saya tidak tahu, kalau waktu pemulihannya, saya tidak tahu, misalkan setahun, dengan konsesinya bisa setengahnya, enam bulan.

“Anda membutuhkan setidaknya satu tahun penuh untuk membawa sepeda motor ke level, katakanlah, mendekati.

“Ini berjalan baik untukmu. Memang benar bahwa jika Anda kehilangan sedikit benang pada tingkat teknis, pemulihan akan sulit dilakukan.

“Itulah mengapa kami berpikir bahwa konsesi ini akan berdampak baik bagi kami dan akan memberi kami kemungkinan untuk mempersingkat waktu untuk melakukan hal ini.

“Apakah dua tahun, satu setengah, satu tahun, saya tidak tahu. Tapi ini bukan dua bulan, tentu saja.”

Lanjut, ketika ditanya soal Honda untuk berniat mendatangkan Marc Marquez kembali, Puig menjawabnya dengan samar-samar. Bos tim Honda itu buka-bukaan soal perpisahan emosional antara Marquez dan pabrikan.

“Sejujurnya, itu menyedihkan, saya tidak akan berbohong kepada Anda,” katanya. “Sudah bertahun-tahun, dan banyak kesuksesan dan juga bertahun-tahun penuh ketegangan dan banyak rasa sakit akibat situasi ini, akibat kecelakaan itu.

“Pada akhirnya, ketika Anda menggabungkan semua itu, itu adalah sebuah kotak yang penuh dengan tekanan dan emosi yang sangat baik dan buruk. Mau atau tidak, itu sulit dan menyedihkan.

“Di sisi lain, saya juga percaya bahwa dalam hidup kita harus menjaga semua yang telah dicapai, semua yang telah dia sumbangkan untuk Honda, apa yang telah kita pelajari darinya, hubungan antarmanusia yang telah kita capai dengannya. Sungguh luar biasa.”

sumber: crash.net

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini