ARIPITSTOP.COM – Yamaha kepergok sudah memasukkan New MX King di Indonesia, hal ini dengan bukti telah didaftarkan desain paten New MX King versi terbaru di Hak Paten Indonesia. Akankah New MX King 2024 akan segera dirilis di Indonesia?.

Melalui laman Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan HAM RI, Yamaha per tanggal 4 Januari 2024 telah mendaftarkan sebuah desain motor bebek yang telah dikenal sebagai generasi penerus dari New MX King. Desain ini adalah motor Exciter 155 yang sudah duluan dijual di Vietnam, Thailand dan Malaysia.

Yap, desain Exciter 155 di Vietnam atau Yamaha Y16ZR VVA di Malaysia ini adalah merupakan generasi penerus atau gen terbaru dari MX King. Saat ini Yamaha Indonesia masih menjual desain MX King desain lama, sudah ketinggalan jauh dengan negara tetangga kita yang sudah lsejak 2020 merilis MX King versi terbaru bahkan dengan mesin terbaru 155 cc ditambah dengan teknologi VVA.

Dengan adanya paten di Indonesia, ada harapan kalau bebek sport dari Yamaha ini akan mendapatkan perubahan. Semoga cepat dirilis di Indonesia dan menggairahkan kembali pasar motor bebek di Indonesia.

Sekilas tentang Yamaha Y16ZR VVA / Exciter 155

Yamaha Y16ZR VVA / Exciter 155 dibekali mesin SOHC, 4 klep, dengan pendingin cairan, berkapasitas 155 cc yang memiliki diameter dan langkah piston 58,0 mm × 58,7 mm. Dengan penambahan teknologi VVA (Variable Valve Actuation), mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimum 17,7 dk @9.500rpm dan torsi puncak 14,4 Nm @8.000 rpm.

Mesin ini dipadukan dengan perpindahan gigi 6 speed dan ditambah fitur Assist & Slipper Clutch. Assist merupakan teknologi yang bisa meringankan pengoperasian tuas kopling, sementara Slipper Clutch bertugas mencegah roda belakang mengunci saat dilakukan shift down (penurunan gigi) secara ekstrem.

4 KOMENTAR

  1. hrsnya seh begitu krn secara basic engine commont dgn VVA 155 series dibanding dgn engine 150 cc yg skrg tinggal dgn vixion saja.

  2. YIMM , di tunggu Yamaha PG-1 versi Indonesia,

    biar pasar motor bebek naik lagi.
    semoga tahun ini launching nya, di tunggu ya

    terimakasih

  3. Sebaiknya jangan dirilis dech.cukup dipatenkan saja. Daripada akan menghancurkan pasar motor ini..mengaca pada produk-produk YIMM sebelumnya, V-ixion, Mio, Jupiter, Nouvo, dsb. Padahal di tahun-tahun awal penjualan produk-produk tersebut sangat impresif, namun karena “facelift” yg tidak sesuai ekspektasi (yang salah satunya adalah soal desain) membuat produk-produk tersebut kurang kompetitif di pasaran. Justru produk AHM yang jadi sangat diminati pasar, karena desain, fitur, teknologi, pemasaran yang lebih selangkah di depan.

    Masih cakepan “tampang” dari model current saat ini koq. Yang masih tampak berparas motor, bukan kaya (sorry to say) Autobots. 🙏🙏🙏

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini