ARIPITSTOP.COM – Jorge Martin, berhasll menyabet kemenangan dalam main race MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu (18/6/2023). Kemenangan ini melengkapi kemenangan dalam sprint race sehari sebelumnya. Martin memenangi duel sengit atas Bagnaia yang berlangsung selama hampir separuh jalannya balapan.

Balapan kali ini tanpa adanya Marc Marquez karena menjelang sebelum start dimulai, HRC mengumumkan jika Marc Marquez tidak fit untuk ikut balapan akibat cidera retak tulang ibu jari yang didapatkannya saat sesi WarmUp.

Start dimulai, Jack Miller langsung menyodok ke posisi pertama di Tikungan 1. Tak genap sampai satu putaran, Miller langsung merosot ke urutan empat. Miller langsung tersalip oleh Pecco Bagnaia, Luca Marini, dan Jorge Martin sekaligus di Tikungan 12.

Lap 3, Martin kembali melakukan manuver di Tikungan 12, menyalip Bagnaia dan mengambil alih pimpinan balap. Di belakang, Marini ditempel oleh Brad Binder dan Johann Zarco.

Pertarungan sengit terjadi antara Marini dan Brad Binder untuk memperebutkan tempat ketiga. Binder akhirnya mampu menikung Marini saat lap kesembilan. Namun sial bagi Binder, tak lama melaju di depan Marini dirinya justru mengalami highside.

Bagnaia mampu mendekat usai memangkas gap menjadi 0,2 detik. Hingga sudah tidak ada gap lagi antara Bagnaia dan Martin saat balapan tersisa 15 lap. Namun Martin mampu menambah lajunya untuk menjauh lagi dari Bagnaia dengan gap 0,6 detik. Akan tetapi Bagnaia sukses mengasapi Martin saat balapan tersisa 10 lap lagi.

Bagnaia lalu menyalip Martin di Tikungan 12 dan kembali memimpin balapan pada Lap 21. Martin membalas di tempat yang sama pada Lap 24. Pada akhir Lap 29, Bagnaia menabrak ban belakang Martin di Tikungan 13, dan insiden ini menciptakan jarak lebar di antara keduanya.

Bagnaia kembali menyerang di Tikungan 13 pada lap terakhir, tetapi Martin mengalahkannya tepat di garis finis dengan margin 0,064 detik saja, sementara Zarco finis ketiga.

Hasil balapan MotoGP Jerman 2023:

  1. Jorge Martin – Prima Pramac Racing – Ducati
  2. Pecco Bagnaia – Ducati Lenovo Team – Ducati
  3. Johann Zarco – Prima Pramac Racing – Ducati
  4. Marco Bezzecchi – Mooney VR46 Racing Team – Ducati
  5. Luca Marini – Mooney VR46 Racing Team – Ducati
  6. Jack Miller – Red Bull KTM Factory Racing – KTM
  7. Alex Marquez – Gresini Racing – Ducati
  8. Enea Bastianini – Ducati Lenovo Team – Ducati
  9. Fabio di Giannantonio – Gresini Racing – Ducati
  10. Miguel Oliveira – CryptoDATA RNF – Aprilia
  11. Augusto Fernandez – GASGAS Factory Racing Tech 3 – GASGAS
  12. Franco Morbidelli – Monster Energy Yamaha – Yamaha
  13. Fabio Quartararo – Monster Energy Yamaha – Yamaha
  14. Takaaki Nakagami – LCR Honda Idemitsu – Honda
  15. Raul Fernandez – CryptoDATA RNF – Aprilia
  16. Aleix Espargaro – Aprilia Racing – Aprilia
  17. Jonas Folger – GASGAS Factory Racing Tech 3 – KTM

Gagal finis:
Brad Binder – Red Bull KTM Factory Racing – KTM
Maverick Vinales – Aprilia Racing – Aprilia

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini