ARIPITSTOP.COM – Penampilan apik diperlihatkan oleh Veda Ega Pratama ketika balapan di sirkuit Motegi Jepang akhir pekan ini di Idemitsu Asia Talent Cup 2022. Start dari posisi paling belakang atau ke-19 dan menjalani dua long lap penalty namun dirinya membuktikan bahwa pembalap Indonesia masih diperhitungkan di kancah Internasional.

Empat pebalap binaan Astra Honda Motor (AHM)menjalani putaran ketiga Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) di Twin Ring Motegi, Jepang, Minggu (25/9/2022). Mereka beraksi di sirkuit dan waktu yang sama dengan berlangsungnya Grand Prix of Japan di mana para pebalap MotoGP menjalani putaran ke-16 musim ini. Veda Ega Pratama kembali menunjukkan kemampuan spesialnya. Start dari posisi paling belakang atau ke-19 dan menjalani dua long lap penalty, dia bisa meraih 10 poin setelah finis di urutan keenam. Diandra Trihardika dan Reykat Fadillah masing-masing finis di posisi ke-12 dan ke-13. Sementara itu, Aan Riswanto sempat mengalami masalah pada motornya sebelum akhirnya finis di posisi ke-19.

Putaran ketiga IATC di Jepang seharusnya menggelar dua balapan. Balapan pertama yang rencananya digelar Sabtu (24/9/2022) dibatalkan karena cuaca yang buruk. Balapan pertama akhirnya berlangsung Minggu pagi (25/9/2022). Balapan kedua yang mestinya digelar Minggu sore juga batal karena kondisi yang tidak mendukung.

Veda harus memulai balapan dari posisi paling belakang sebagai hukuman karena melakukan gerakan yang dianggap berbahaya pada sesi FP2. Dia juga harus menjalani dua long lap penalty. Meski begitu, Veda mampu menjaga semangatnya saat balapan. Pada lap pertama, dia sudah bisa maju beberapa posisi. Perlahan namun pasti dia terus maju hingga akhirnya finis di posisi ke-6. Diandra dan Reykat menutup balapan dengan masing-masing finis di posisi ke-12 dan ke-13. Sementara itu, Aan sempat mengalami masalah teknis pada pertengahan balapan. Dia sempat masuk pit sebelum kembali balapan dan akhirnya finis di posisi ke-17.

“Saya menjalani balapan yang tidak sesuai harapan. Memulai balapan dari grid terakhir ditambah dua long lap penalty tentu tidak mudah bagi saya. Tetapi, saya mencoba tetap tampil semaksimal mungkin. Selepas start saya berusaha langsung merapat agar tidak ketinggalan rombongan, dan hal tersebut berhasil saya lakukan. Perlahan saya mampu menemukan ritme balapan dan bisa masuk ke rombongan kedua hingga akhirnya finis di posisi ke-6. Sungguh pengalaman yang sangat berarti bagi saya, dan semua pelajaran ini akan membuat saya lebih kuat lagi pada putaran berikutnya.” ungkap Vega.

Dengan hasil balapan di Jepang, Reykat saat ini berada di peringkat ke-7 klasemen dengan 38 poin. Veda berada di posisi ke-9 dengan 26 poin, sementara Diandra dan Aan masing-masing di posisi ke-12 (22 poin) dan ke-16 (15 poin).

Para pebalap ini akan menjalani putaran keempat di Thailand pada 1-2 Oktober 2022, sekali lagi berbarengan dengan berlangsung MotoGP World Championship.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here