ARIPITSTOP.COM – Meski selama dua tahun prestasi Marc Marquez tidak memuaskan akibat efek dari cidera berkepanjangan yang dia alami, namun Honda dikabarkan tetap membayarkan gaji Marc Marquez secara full, meski gaji yang digelontorkan oleh Honda merupakan besaran gaji yang sangat fantastis bahkan paling tinggi diantara semua pembalap MotoGP saat ini. Lalu berapa gaji pembalap MotoGP selama musim 2021?.

MotoGP adalah ajang balap motor paling bergengsi di dunia karena menjadi puncak dari olahraga balap motor di dunia ini, karena menjadi balapan tertinggi tentu soal honor juga menjadi yang tertinggi. Para pembalap bintang terutama yang sudah meraih title juara dunia tentunya akan mendapatkan honor yang tinggi seiring dengan prestasinya.

Marc Marquez merupakan salah satu pembalap paling berprestasi dalam sejarah MotoGP. Pada 2022, kekayaan bersih pembalap Spanyol Marc Marquez diperkirakan mencapai 40 juta dolar AS, menjadikannya pembalap MotoGP terkaya kedua setelah legenda MotoGP Valentino Rossi.

Marc Marquez saat ini telah memenangkan 8 Kejuaraan Grand Prix Dunia, 6 di antaranya berada di kelas premier MotoGP. Marc adalah salah satu dari empat pembalap yang memenangkan kejuaraan dunia dalam tiga kategori berbeda. Apalagi dia adalah juara termuda dalam sejarah MotoGP. Dia mendapatkan banyak uang dari balapan tersebut.

Bintang dari tim Repsol Honda ini menjadi yang teratas dalam urusan gaji. Marquez mendapat bayaran sebesar 12 juta dolar (Rp170 miliar) per tahunnya. Sedangkan, gajinya per balapannya mencapai 631 ribu dolar, atau sekitar Rp8,9 miliar. Wajar bila pembalap asal Spanyol ini memiliki tarif sebesar itu. Pasalnya, Marc Marquez telah meraih enam gelar juara dunia MotoGP sejak 2013 lalu.

Meskipun restasinya di balapan MotoGP sudah turun drastis, namun Rossi tetap memiliki pangsa pasar yang tinggi, nilai jual tinggi karena sebagian besar penggemar MotoGP merupakan fans dari Valentino Rossi. Pembalap asal Italia ini telah mengantongi gaji sebesar 10 juta dolar (Rp142 miliar) per tahunnya. Sedangkan untuk per balapannya, ia dibayar sebesar 530 ribu dolar (Rp7,5 miliar).

Berikut perkiraan gaji pembalap MotoGP tahun 2021:

Pembalap Tim Gaji (USD)
Marc Márquez Honda 12 juta
Valentino Rossi Yamaha 10 juta
Maverick Viñales Yamaha 8 juta
Danilo Petrucci KTM 2.8 juta
Cal Crutchlow Honda LCL 2.5 juta
Alex Rins Suzuki 2 juta
Fabio Quartararo Yamaha 1.5 juta
Joan Mir Suzuki 1.25 juta
Andrea Iannone Aprilia 1.2 juta
Alex Marquez Honda 1 juta
Pol Espargaro Honda 1 juta
Brad Binder KTM 1 juta
Iker Lecuona Red Bull 1 juta
Aleix Espargaro Aprilia 900.000
Miguel Oliveira KTM 750.000
Franco Morbidelli Yamaha SRT 736.000
Francesco Bagnaia Ducati 650.000
Jack Miller Ducati 600.000
Johann Zarco Ducati 300.000

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini