ARIPITSTOP.COM – Setelah dua tahun tidak ada aktivitas balapan akibat pandemi Covid-19, sebanyak enam seri bakal tersaji pada Asia Road Racing Championship (ARRC) musim 2022. Namun yang menjadi misteri adalah dalam jadwal yang sudah dikeluarkan oleh pihak Two Wheels Motor Racing, sirkuit di Indonesia tidak ada yang masuk dalam daftar jadwal balapan se-Asia ini.

Putaran pembuka dimulai di Sirkuit Internasional Chang, Thailand pada 25-27 Maret 2022. Trek balap yang berlokasi di Buriram ini juga menjadi tuan rumah tes resmi ARRC, dijadwalkan berlangsung 22-23 Maret. Kemudian para pembalap dan tim akan bertolak menuju Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia untuk seri kedua dari 27 sampai 29 Mei. Setelah itu, jeda sebulan lebih jelang putaran ketiga yang masih berstatus TBC (to be confirmed).

Sedangkan untuk seri ketiga ternyata belum ditentukan lokasinya, apakah ada di Indonesia?, jika iya maka akan ada dua opsi, yang pertama tentunya sirkuit Sentul yang sudah melakukan pembenahan terutama di bagian aspal trek. Sirkuit Sentul terakhir kali menggelar balapan ARRC tahun 2018. Pada kalender 2019, Sirkuit Sentul dinyatakan tidak memenuhi standar untuk menggelar race kelas Superbike (ASB1000) karena kondisi aspal yang banyak bumpinya.

Solusi yang kedua tentunya ada di sirkuit Mandalika, sirkuit yang terletak di lombok ini sudah sukses menggelar balapan sekelas WSBK. Akan tetapi semuanya menunggu keputusan dari pihak Two Wheels Motor Racing apakah seri ketiga ini benar2 di Indonesia atau ada di negara lain.

Sirkuit Internasional Sportsland Sugo bakal melakoni debut sebagai penyelenggara ajang ARRC pada 12-14 Agustus, menggantikan Sirkuit Suzuka yang dalam beberapa tahun terakhir rutin menjadi tuan rumah.

Rombongan paddock ARRC lalu akan menyambangi Sirkuit Internasional Zhuhai di Cina, dijadwalkan 9-11 September dan ditutup oleh Chang yang kembali sebagai venue kejuaraan balap Asia ini (18-20 November).

Berikut kalender sementara ARRC 2022:

Kalender Sementara ARRC 2022:

ARRC TANGGAL VENUE
Tes Resmi Thailand 22-23 Maret Thailand Sirkuit Internasional Chang, Thailand
Seri 1 25-27 Maret Thailand Sirkuit Internasional Chang, Thailand
Seri 2 27-29 Mei Malaysia Sepang International Circuit, Malaysia
Seri 3 1-3 Juli TBC*
Seri 4 12-14 Agustus Japan Sirkuit Internasional Sportsland Sugo, Jepang
Seri 5 9-11 September China Sirkuit Internasional Zhuhai, Cina
Seri 6 18-20 September Thailand Sirkuit Internasional Chang, Thailand

*TBC = to be confirmed (akan dikonfirmasi)

sumber: motorsport

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini