ARIPITSTOP.COM- Akhirnya motor yang akan digunakan para pembalap WSBK sudah mendarat di Lombok dan langsung dibawa ke Pertamina Mandalika International  Street Circuit. Logistik WSBK Indonesia 2021 dibawa pesawat Boeing 777F Qatar Airways QR8356 dengan registrasi A7-BFG.

Untuk pertama kalinya, pesawat Boeing 777F mendarat di tanah Lombok, NTB. Pesawat Boeing 777F sendiri merupakan salah satu jenis pesawat kargo terbesar di dunia saat ini. Pesawat ini berhasil mendarat di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM) yang sebelumnya sudah mendapatkan proses renovasi agar bisa digunakan untuk mendarat pesawat kargo.

Sebelumnya BIZAM hanya memiliki runway sepanjang 2.750 meter. Namun setelah dilakukan perpanjangan, panjang runway BIZAM kini menjadi 3.300 meter. Sehingga sudah bisa didarati pesawat berbadan lebar tipe Boeing 777. Dan, itu sudah dibuktikan dengan pendaratan pertama pesawat milik Qatar Airways yang membawa logistik pertama event pendukung WSBK tersebut.

Pesawat sendiiri membawa muatan kargo sebanyak 217 koli. Dengan berat mencapai 68.022 kilogram atau sekitar 68 ton. Berangkat dari Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar. Kemudian menurunkan semua muatan dan langsung terbang kembali menuju Hongkong, dua jam kemudian.

Setelah semua isi perut di Boeing 777F diturunkan, semua muatan di langsung dibawa ke sirkuit Mandalika.

Dilansir dari Tempo, Direktur Strategis dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Happy K Harinto, mengatakan logistik untuk kebutuhan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan WSBK itu telah tiba tadi malam di Bandara Lombok, yang dibawa langsung dengan menggunakan pesawat dari Doha, Qatar, dan Selasa siang tadi tiba satu pesawat lagi yang membawa kebutuhan logistik.

“Jenis motor yang datang itu mulai dari 500cc sampai 1000cc. Itu yang digunakan pada Superbike World Championship Pirelli Indonesian Round yang akan berlangsung di Pertamina Mandalika International, 19-21 November 2021 mendatang,” kata Happy.

“Jumlah motor pembalap yang telah tiba itu ada 70 unit dan 26 motor untuk IATC,” tutur Happy.

Sementara itu, ia mengungkapkan kru dan para pembalap IATC dan WSBK telah berada di Indonesia. Saat ini mereka dikarantina di Jakarta selama tiga hari. Selesai karantina, mereka akan dibawa menuju Lombok melalui Bandara Lombok sebelum balapan dimulai.

“Setelah tiba di Lombok, baru mereka melakukan persiapan untuk balapan atau latihan di sirkuit,” ungkap Happy.

Inilah beberapa penampakannya:

Bang Zul Zulkieflimansyah
Bang Zul Zulkieflimansyah
Bang Zul Zulkieflimansyah
Bang Zul Zulkieflimansyah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini