ARIPITSTOP.COM – Marc Marquez, berhasil keluar sebagai pemenang dalam balapan MotoGP Amerika 2021. Pembalap Repsol Honda itu menuntaskan balapan 20 lap dengan total waktu 41 menit 41.435 detik. Tanpa perlawanan alias touring, di belakang Marc Marquez ada Quartararo dan Bagnaia.

Pembalap 27 tahun asal Spanyol itu melakukan start dengan sempurna. Marquez memulai balapan MotoGP AS 2021 di Circuit Of America, Senin (4/10), dari posisi tiga. Namun ketika masuk tikungan pertama dia sudah berhasil memimpin balapan. Dia melibas Bagnaia sang pemilik pole position dan Quartararo yang start kedua. Setelah berhasil menyalip keduanya, Marc Marquez melakukan perjalanan touring selama 2 lap tanpa ada yang bisa menempel.

Begitu juga dengan Quartararo, berhasil start dari posisi kedua, dirinya sejak start terus membuntuti Marc Marquez sampai berakhirnya balapan, tidak ada pembalap yang berhasil mencoba menyalipnya meski sempat dikejar oleh Alex Rins dan Jorge Martin namun hasilnya tetap nihil.

Ketika Marquez menjalani start dengan sempurna, Bagnaia justru mengalami nasib kurang baik. Berupaya meraih hat-trick kemenangan, pembalap Ducati itu justru langsung merosot ke posisi enam tak lama setelah start.

Bagnaia yang menjadi rival terdekat Quartararo dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2021, perlahan tapi pasti mulai memperbaiki posisi.

Setelah berhasil melewati Rins di posisi kelima, Bagnaia kemudian dibiarkan lewat oleh rekan setimnya di Ducati, Jack Miller, untuk berada di posisi keempat pada lap ke-13. Di titik itu Marquez sudah memiliki keunggulan besar atas Quartararo hingga lebih dari 4 detik.

Setelah itu Bagnaia sukses merebut posisi ketiga setelah menyalip Martin di tiga lap tersisa. Martin kemudian terkena long lap penalty setelah memotong jalur di tikungan 4 dan 5. Tapi Martin tidak melakukan long lap penalty hingga balapan usai.

Kejadian lap terakhir melibatkan Joan Mir dan Jack Miller, Joan Mir menabrak bagian belakang motor Jack Miller hingga akhirnya dihukum turun satu posisi oleh pihak komisi disiplin.

Meski hanya finis kedua, Quartararo layak sangat puas dengan hasil MotoGP AS. Tambahan 20 poin membuat dia kian dekat dengan gelar juara dunia MotoGP 2021. Dia bahkan bisa mengunci gelar tersebut pada balapan selanjutnya di MotoGP Italia, dua pekan dari sekarang.

Berikut hasil MotoGP Amerika 2021:

  1. Marc MARQUEZ – Repsol Honda Team
  2. Fabio QUARTARARO – Monster Energy Yamaha MotoGP
  3. Francesco BAGNAIA – Ducati Lenovo Team
  4. Alex RINS – Team SUZUKI ECSTAR
  5. Jorge MARTIN – Pramac Racing
  6. Enea BASTIANINI – Avintia Esponsorama
  7. Jack MILLER – Ducati Lenovo Team
  8. Joan MIR – Team SUZUKI ECSTAR
  9. Brad BINDER – Red Bull KTM Factory Racing
  10. Pol ESPARGARO – Repsol Honda Team
  11. Miguel OLIVEIRA – Red Bull KTM Factory Racing
  12. Alex MARQUEZ – LCR Honda CASTROL
  13. Andrea DOVIZIOSO – Petronas Yamaha SRT
  14. Luca MARINI – SKY VR46 Avintia
  15. Valentino ROSSI – Petronas Yamaha SRT
  16. Iker LECUONA – Tech 3 KTM Factory Racing
  17. Takaaki NAKAGAMI – LCR Honda IDEMITSU
  18. Danilo PETRUCCI – Tech 3 KTM Factory Racing
  19. Franco MORBIDELLI – Monster Energy Yamaha MotoGP

Gagal finis:

  • Aleix ESPARGARO – Aprilia Racing Team Gresini
  • Johann ZARCO – Pramac Racing
Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here