ARIPITSTOP.COM – Kubu Yamaha dengan Vinales seperti akan terus memanas, belum habis berita mengenai tim balap milik Vinales yang tiba-tiba memutuskan kontrak secara sepihak dengan Yamaha yang turun balap di WSSP300, kini Yamaha secara resmi mengumumkan tidak akan menurunkan Vinales di GP Austria yang berlangsung akhir pekan ini.

Melihat sesi balapan di GP Styria pekan kemarin, sebenarnya awal start yang dilakukan oleh Vinales sudah berbuah manis. Start dari barisan tengah langsung menyodok kedepan, namun malapeka hadir ketika balapan harus dihentikan sementara akibat kecelakaan yang dialami oleh Pedrosa dan Salvadori.

Start kedua baru akan dimulai dengan putaran warm up terlebih dahulu, motor Vinales tiba-tiba mogok, akhirnya Vinales mendorong motornya ke pinggir trek dan harus start dari posisi pit line. Vinales mengalami masalah lain saat balapan dengan munculnya notifikasi pada dasbor untuk kembali ke pit secara terus menerus.

Vinales dipastikan takkan turut serta pada MotoGP Austria 2021 karena diskors oleh timnya sendiri, Monster Energy Yamaha. Yamaha memberikan hukuman kepada Vinales setelah diduga melakukan pengoperasian motor yang tidak wajar pada balapan MotoGP Styria (8/8/2021).

Kemudian Yamaha memiliki data jika Vinales melakukan aksi yang tidak wajar di motornya sendiri ketika balapan yang bisa berpotensi membahayakan dirinya bahkan mungkin bisa membahayakan pembalap lain di trek.

Yamaha menyimpulkan aksi yang dilakukan pembalap asal Spanyol itu berpotensi merusak mesin motor Yamaha YZR-M1. Dalam rilis resminya, tim pabrikan berlogo garpu tala itu tak menyebutkan secara detail mengenai modifikasi yang dilakukan Vinales.

Dalam press release yang diterbitkan, Yamaha belum bisa memastikan sampai kapan Vinales akan kembali diturunkan untuk balapan. Yamaha merencanakan diskusi lebih lanjut dengan Vinales setelah melakukan investigasi lebih jauh dari masalah ini.

Berikut keterangan resmi dari pihak Yamaha:

Yamaha dengan menyesal mengumumkan bahwa masuknya Maverick Vinales ke ajang MotoGP Austria akhir pekan ini telah ditarik oleh tim Monster Energy Yamaha MotoGP.

Absennya itu menyusul penangguhan pebalap oleh Yamaha karena operasi sepeda motor yang tidak dapat dijelaskan oleh pebalap selama balapan MotoGP Styria akhir pekan lalu.

Keputusan Yamaha mengikuti analisis mendalam tentang telemetri dan data selama beberapa hari terakhir.

Kesimpulan Yamaha adalah bahwa tindakan pengendara dapat berpotensi menyebabkan kerusakan signifikan pada mesin sepeda YZR-M1 miliknya yang dapat menyebabkan risiko serius bagi pengendara itu sendiri dan mungkin menimbulkan bahaya bagi semua pengendara lain di balapan MotoGP.

Pembalap tidak akan diganti di GP Austria.

Keputusan mengenai balapan di masa depan akan diambil setelah analisis situasi yang lebih rinci dan diskusi lebih lanjut antara Yamaha dan pebalap.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini