ARIPITSTOP.COM – Dua pabrikan besar motor ternyata pernah bersiteru di pengadilan, pasalanya Harley Davidson menuduh Honda telah meniru produknya di pasar Amerika. Menurut Harley Davidson, Honda tidak hanya meniru gaya mereka, tetapi juga meniru suara mesin dari mesin V-Twin yang ditanamkan di motor Honda Shadow pada era tahun 1990an.

Salah satu produsen kendaraan terbesar asal Jepang, Honda ternyata pernah bermasalah dan digugat oleh pabrikan motor asal Amerika, Harley Davidson, pada era 90an. Pihak Harley menganggap jika produk Honda yang berjenis Cruisers bernama Honda Shadow atau Honda ACE (American Classic Edition) yang punya desain mirip dengan Harley Davidson.

Dilansir dari Thedrive.com, sesuai namanya “ACE” tampilannya mirip dengan motor-motor H-D di zamannya, motor2 bergaya Cruiser yang dulu hanya dimiliki oleh motor produksi dari Harley Davidson. Yang bikin geram pihak Harley justru motor ini dilabeli “Made In USA” meski pabrikan Honda merupakan asli dari Jepang. Honda Shadow memang menyasar pasar Amerika, untuk menggoyang dominasi Harley Davidson. Namun Harley Davidson menganggap Honda mencuri desain mereka, hingga akhirnya menggunggat ke pengadilan.

https://www.gaega.xyz/

Bukan hanya desain bergaya Cruiser yang dipermasalahkan melainkan fokus penggugatan dari pihak HD justru mempermasalahkan dari segi suara mesin yang dikeluarkan oleh motor Shadow. Pabrikan asal Milwaukee- Amerika Serikat itu marah karena suara mesin Honda Shadow mirip dengan mesin V-Twin punya Harley Davidson. Honda memang mengubah struktur mesin Shadow ACE dari dual pin crankshaft menjadi single pin. Hal itu disebut berpengaruh pada suara mesin yang jadi mirip suara mesin HD.

Agak aneh memang justru pihak HD lebih mempermasalahkan dari segi suara mesin, meski ada jenis paten terhadap jenis suara misalnya lagu, music atau jingle music itu memang sudah menjadi hal yang wajar, akan tetapi mempermasalahkan suara mesin jelas itu dinilai kurang wajar.

Gugatan HD berlanjut selama beberapa tahun tapi disebut tidak ada hasil. Pada akhir 1990’an tuntutannya disebut ditarik, kemudian Honda juga menghentikan penjualan Shadow ACE. Ada gosip berhembus jika kedua pabrikan besar tersebut telah ada kesepatan di bawah meja.

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here