ARIPITSTOP.COM – Akhirnya terjawab teka-teki apakah sok USD dari All New CBR150R bisa terpasang di Old CBR150R LED, bahkan untuk fitur kopling Assist & Slipper Clutch bisa terpasang juga. Kepastian ini saya dapatkan ketika datang langsung dalam sesi test ride All New CBR150R di Astra Honda Training Center, selain itu ada juga penjelasan teknis lainnya.

All New CBR150R meski memakai baju baru yang lebih sporty, namun untuk urusan mesin ternyata masih memakai mesin lama, akan tetapi ada beberapa perubahan yang terjadi untuk meningkatkan performa seperti mesin yang lama karena motor versi terbaru ini memiliki bobot lebih berat 2kg dari versi lama. Untuk mengejar performa tersebut ada beberapa perubahan diantaranya mapping ECU, meski mesin sama tetapi ECUnya berbeda.

“Walaupun sama kita melakukan mapping ulang, setingan ECU berbeda, konstruksi knalpot berbeda, dan juga perubahan pada air intake ductnya. Intake duct lebih panjang serta ditambah cover inlet.  Termasuk konstruksi kopling yang sudah menganut assist and slipper clutch membuat motor lebih lembut saat ngurangi gigi.” ungkap Endro S sebagai divisi Training AHM.

Yap… selain mapping ECU ada juga perubahan di bagian corong box filter udara, desain corong udara didesain lebih panjang agar asupan udara yang masuk ke ruang bakar lebih besar. Bisa dilihat dari desainnya memanjang ke belakang dengan cover melingkar diujungnya. Selain itu perubahan juga terjadi di bagian knalpot, ada perubahan desain jeroan knalpot untuk mengadaptasi perubahan yang terjadi baik dari mapping ECU dan bagian mesin.

Kemudian untuk Assist & Slipper Clutch, fitur ini berfungsi saat akselerasi, yakni untuk membantu mengoptimalkan perpindahan tenaga, dengan menghilangkan power loss pada kopling. Sedangkan slipper clutch bekerja pada saat deselerasi, fungsinya untuk mencegah roda belakang tergelincir atau slip ketika menurunkan gigi secara ekstrem akibat engine brake.

Asiknya, fitur kopling Assist & Slipper Clutch ini bisa dicangkokkan ke Old CBR150R LED, dengan catatan harus diganti satu gelondong bak kopling, cara pemasangannya dipastikan PNP. Soal biaya… sediakan dana sekitar Rp 1jutaan.

Kemudian untuk sok depan USD memiliki diamter 37 mm dan berjenis Separated Function Fork Big Piston yang dibikin oleh Showa. Sok USD punya All New CBR150R ini punya level yang berbeda dari suspensi depan CBR250RR yang hanya Showa SFF (Belum Big Piston). SFF artinya Separated Function Fork dimana, bagian kanan dan kiri dari fork depan memiliki fungsi dan struktur jeroan yang berbeda dimana pada satu bagian hanya terdiri dari mekanisme spring sedangkan di bagian lain ada mekanisme spring, ditambah compression dan rebound.

Perubahan yang terjadi di bagian sok depan, untuk sok belakang juga berubah namun justru perubahannya kini sok belakang All New CBR150R sudah fixed alias tidak bisa diseting tingkat reboundnya seperti di Old CBR150R LED yang punya setelan 5 tingkat. Namun menurut AHM, tingkat rebound dari sok belakang All New CBR150R sudah disesuaikan dengan ayunan sok USD di depan sehingga tetap nyaman ketika dipakai riding.

Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan tonton videonya:

Advertisements

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here