ARIPITSTOP.COM – Pernahkah kalian membayangkan apa yang ada di rumah kita bisa berjalan secara otomatis?, semua bisa dikontrol hanya dengan sentuhan melalui HP?. Lamunan tersebut bisa menjadi kenyataan setelah kehadiran perangkat dari Bardi Smart Home. Bukan hanya menerapkan situasi dirumah yang serba praktis dan canggih namun juga mengontrol perangkat elektronik yang ada di Rumah kita agar lebih hemat dalam pemakaian listrik.

Bardi merupakan merk lokal Indonesia yang memiliki fokus terhadap perangkat pendukung Smart Home, di mana Bardi sendiri sudah menyediakan perangkat Smart Home untuk bisa dibeli di seluruh wilayah Indonesia. Kali ini Saya akan membahas dua produk dari Bardi Smart Home, yang pertama ada Bardi smart light 9w RGBWW dan yang kedua adalah Bardi IR Remote.

Bardi smart light 9w RGBWW

Ok, yang pertama akan Saya bahas mengenai Bardi smart light 9w RGBWW. Lampu bohlam yang bukan sembarang bohlam, karena bohlam ini memiliki jutaan jenis warna. Kita bisa mengatur sendiri tingkat kecerahan cahaya dan atau mengganti warna yang sesuai dengan kebutuhan kita. Lampu ini memiliki kecerahan maksimal di 810 lumens dan bisa di redupkan hingga 90 lumens, kombinasi warna RGB hingga 16 juta warna dan gradasi putih dari 2700k (warm white) hingga 6500k (cool white).

Gradasi warna putihnya juga mulai dari warm white sampai cool white. Ada juga pilihan scene yang bisa kita pilih. Misalnya scene Reading atau Working. Mode Colorful atau Music yang bisa kita pakai buat karaokean sendiri di Rumah, bener-benar gokil habis…

Sebuah lampu yang bisa kita atur tingkat pencahayaannya, sehingga bisa kita atur sesuai kebutuhan. Misalnya ketika lampu ini Saya pasang di Kamar Anak Saya yang kini duduk dikelas 1 SMP, ketika belajar tingkat pencahayaan lampu bisa diturunkan atau dirubah ke mode scene reading, semakin kecil tingkat kecerahan cahayanya maka daya yang dikeluarkan oleh lampu juga semakin kecil. Kemudian ketika tidur, karena anak Saya tidak bisa tidur kalau lampu dimatikan dan jika pakai lampu biasa tidak bisa diatur kecerahannya sehingga daya yang dikeluarkan oleh lampu akan keluar besar, berbeda ketika memakai Bardi smart light 9w RGBWW. Ketika tidur maka lampu bisa diatur lebih redup, maka daya yang dikeluarkan oleh lampu juga akan semakin turun, hasilnya semakin turun daya yang dikeluarkan lampu maka semakin hemat pemakaian listrik dan semakin hemat pengeluaran bulanan untuk membayar listrik.

Bardi smart light 9w RGBWW ini juga masih ada yang smart lainnya, lampu ini bisa secara otomatis hidup dan mati sesuai jadwal yang kita atur. Lampu ini bisa diatur agar secara otomatis ditingkatkan atau dikurangi pada jam-jam tertentu yang diatur oleh kita lewat aplikasi tentunya. Pola ini akan terus berulang setiap hari dan membuat perangkat smart home dapat bekerja secara otomatis tanpa ada campur tangan pemakai.

Misalnya, kita mau pulang kampung dan rumah harus dikosongkan, agar rumah tidak terlihat sunyi dan sepi dan lebih aman dari maling, biasanya pemilik rumah akan menghidupkan lampu rumah secara terus menerus baik itu siang ataupun malam, padahal yang diperlukan menyalakan lampu hanya waktu malam saja, karena siang dan malam lampunya menyala terus akhirnya pengeluaran listrik pastinya akan bertambah. Berbeda ketika memakai Bardi smart light, lampu bisa kita atur jadwal hidup dan matinya setiap hari, misalnya menyala ketika jam 6 sore, kemudian lampu akan mati ketika jam 5 pagi, sehingga rumah bekerja secara pintar tanpa kita harus mengendalikan berulang-ulang.

Namun perlu diingat ya bro, lampu ini bisa kita atur pakai aplikasi di HP kalau ada internet yang selalu aktif dirumah, alias pakai wifi. Tanpa ada wifi maka lampu tidak bisa kita kendalikan lewat aplikasi, hanya bekerja manual seperti lampu biasa lainnya.

Ada video cara aktifkan Bardi smart light, via hp bisa klik disini.

Bardi IR Remote

Apa sih BardiIR Remote itu?, satu produk yang merupakan pemancar infra red pintar, di mana fungsinya bisa menggantikan remote control elektronik rumahan. IR Remote bisa digunakan untuk kontrol perangkat elektronik dalam rumah saat kita berada di luar rumah (misalnya, untuk AC). Remote ini juga bisa digunakan untuk mengontrol beberapa perangkat sekaligus, selama masih berada di jangkauan atau line-of-sight dengan sudut penggunaan 360 derajat. Varian dari IR Remote dari BARDI Smart Home terdiri dari:

8M – BLK: jangkauan 8 meter
10M – BLK: jangkauan 10 meter

Nach, kali ini Saya memiliki Bardi IR Remote tipe 10M – BLK, dan seperti pemakaian pada lampu Bardi smart light 9w RGBWW, piranti ini bisa digunakan ketika di rumah ada jaringan wifi, tanpa jaringan internet berupa wifi atau hotspot maka Bardi IR Remote tidak akan bekerja.

Lanjut ke pemakaian ya bro, produk ini cara pasangnya mudah banget kok, hanya dengan menghubungkan ke listrik mengingat kepala adaptor sudah termasuk dalam dus ketika membeli IR Remote Bardi. Pastikan wifi di rumah dalam keadaan menyala dan internet baik.  Nyalakan perangkat Bardi IR Remote yang berbentuk bulat hitam ini, tekan tombol reset selama 5 detik sampai lampu infra red berkedip.

Langkah selanjutnya buka aplikasi Smart Life, kalau belum punya akun maka diharuskan untuk terlebih dahulu. Setelah berhasil register, secara otomatis aplikasi akan mengarahkan kita untuk menyambungkan perangkat ini untuk dikoneksikan ke wifi, tinggal ikuti saja apa yang diperintahkan.

Langkah selanjutnya kita mencari perangkat elektronik yang akan kita sambungkan dengan Bardi IR Remote, kali ini saya sambungkan dengan Remote TV, cari logo Remote di daftar Menu aplikasi, kemudian karena mau saya sambungkan ke TV maka saya klik pilihan gambar TV. Lalu kita pilih merk TV yang kita gunakan, pilihannya buayak banget itu… jadi tidak usah ragu untuk beli perangkat ini karena hampir semua merk TV ada di dalam daftar.

Langkah terakhir yang saya bilang agak ribet sedikit, untuk bisa menyambungkan agar TV dikendalikan memakai aplikasi, kita harus melakukan penyambungan antara remote TV dengan aplikasi di HP kita secara manual satu persatu-satu semua pilihan tombol remote TV yang ada di aplikasi.

Hadapkan Bardi IR Remote dengan Remote TV, saling berhadapan antara infra red masing-masing ya…

Sambungkan tombol secara satu persatu-satu, pertama saya kasih contoh untuk tombol Volume.

Kemudian kita pencet agak ditahan di gambar + pada Volume di Aplikasi, selanjutnya kita tunggu aplikasi akan muncul gambar disuruh menghadapkan Bardi IR Remote dengan Remote TV, kemudian kita pencet tombol Volume – yang ada di Remote. Lanjut kasih nama tombol ini “Volume -” atau terserah nama sesuai keinginan kalian.

Satu tombol sudah berhasil disambungkan, lanjutkan dengan tombol yang lain dengan langkah yang sama seperti diatas dengan nama yang berbeda dengan mengklik tombol “add new button”, nantinya contohnya seperti dibawah ini, namanya saya buat sesuai keinginan saya setiap tombolnya.

Ada video cara aktifkan Bardi IR Remote, via hp bisa klik disini.

Apa sich manfaat Remote IR Bardi setelah saya pakai?, alat ini bisa mengendalikan TV dari jarak jauh bahkan ketika Saya ada di manapun seluruh belahan Bumi ini asalkan di HP Saya ada jaringan internet dan pastinya di rumah juga terkoneksi jaringan Wifi.

Karena alat ini saya pasang di kamar anak saya yang susah tidur kalau tanpa menyalakan TV, maka ketika anak saya sudah tidur maka TV bisa saya matikan dari kamar saya sendiri. Kan TV sudah ada mode pengatur “Sleep”?, yap, tapi masih kurang efektif, karena terkadang dibuat mode “Sleep” sampai 60 menit sama Anak Saya, padahal belum ada 60 menit bahkan baru di kasur 15 menit anak saya sudah tidur maka tinggal saya matikan saja TVnya lewat HP saya.

Lalu Bardi IR Remote ini juga saya sambungkan ke AC, asiknya kalau pakai di AC ketika rumah dalam keadaan kosong saat kita tinggal bepergian, maka nyala AC bisa kita kendalikan jarak jauh. Biasanya kalau habis bepergian lama, AC di kamar pasti dimatikan dan akan dihidupkan lagi secara manual katika kita sudah sampai di rumah. Dengan alat ini, kita bisa menghidupkan AC ketika kita dalam perjalanan pulang, misalnya 10 menit sebelum sampai rumah, kita buka aplikasi Smart Life untuk menyalakan AC di rumah. Sesampai di rumah, AC sudah dalam keadaan menyala dan ruangan sudah sejuk suhunya, berbeda ketika secara manual. AC akan menyala ketika kita sampai di rumah, alhasil ketika masuk rumah, suhu di rumah masih panas.

Jadi pada intinya, Bardi IR Remote ini adalah sebuah remote infrared yang di kontrol oleh aplikasi via wifi. Dengan catatan semua Remote elektronik harus dalam jarak jangkauan tidak boleh lebih dari 10 meter dari Bardi IR Remote atau sesuai dengan tipe Bardi IR Remote yang kita beli. Kalau Rumah kita besar dan luas maka diperlukan Bardi IR Remote sesuai kebutuhan di Rumah, misalnya satu kamar memakai satu Bardi IR Remote.

Bardi IR Remote ini dapat di gunakan untuk mengkontrol TV & AC & DVD & Smart TV box & semua perangkat yang menggunakan remote infrared. Semua remote yang ada di Rumah bisa digabungkan jadi satu di HP kita, super praktis semua elektronik dikendalikan dalam satu genggaman HP.

Advertisements

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here