ARIPITSTOP.COM – Menjadi juara dunia tanpa pernah memenangi balapan?, inilah kesempatan yang bisa diraih oleh Joan Mir jika dirinya benar-benar konsisten meraih poin dan podium meski tidak berhasil satu kalipun meraih kemenangan seri.

Menjadi juara dunia tanpa meraih kemenangan seri bukan menjadi hal yang baru, karena pada tahun 1999 pernah terjadi di balapan MotoGP kelas 125cc. Emilo Alzamora, pembalap Kelahiran 22 Mei 1973, berkebangsaan spanyol. Memulai Balapan pertamanya pada Tahun 1994 di Kelas 125cc di Grand Prix Malaysia, namun ia baru meraih kemenangan pertamanya pada GP Argentina dikelas 125cc di musim 1995 dan berhasil menduduki peringkat Ke 3 di akhir klasemen.

Alzamora Sendiri pernah naik Ke Kelas 250cc pada musim 1997, namun penampilannya kurang memuaskan, dirinya hanya finish di urutan ke-17 di akhir klasemen. Di musim berikutnya, dengan tim Aprilia iapun kembali ke kelas 125cc, Dan finish ke-21 di Akhir klasemen.

Masa keemasannya baru Alzamora dapatkan di Musim berikutnya, yaitu di Musim 1999. Dengan motor honda sebagai tunggangannya, Ia pun akhirnya meraih gelar juara dunia. Menjadi juara dunia 125cc, mengungguli Marco Melandri Dan masao Azuma yg kala itu Jadi rivalnya. Ia berhasil menjadi juara dunia 125cc dengan 10 kali naik podium, 227 poin, Dan uniknya lagi Tanpa Meraih Satu Kali pun Kemenangan.

Sementara gelar juara dunia tanpa meraih kemenangan bisa saja terjadi pada Joan Mir, balapan masih menyisakan 3 seri lagi artinya masih merebutkan 75 poin. Saat ini Joan Mir unggul 14 poin dari Quartaraaro dan unggul 19 poin. Sesiliha yang tipis membuat perebutan gelar juara dunia musim 2020 masih terbuka setidaknya untuk 6 pembalap teratas pemimpin klasemen sementara.

Mir sebenarnya hanya perlu bisa menjalani balapan dengan konsistensi dan selalu berada di podium pada 3 balapan terakhir. Namun, dia tetap akan memburu kemenangan. Karena, ada 4 pembalap lain yang punya peluang sama besar untuk merebut gelar juara dunia musim ini. Selain Quartararo, ada Vinales dan Morbidelli.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here