ARIPITSTOP.COM – Ketika pertama kali melihat sosok motor SM3 yang dijual oleh PT MForce Indonesia, motor ini padat berisi kekar segera pengen menaikinya diajak riding. Motor ini sudah ada di garasi Aripitstop.com dan pastinya semua akan dibahas mengenai sosok motor dari merk SM Sport asal Malaysia ini.

Pak Indra Gumay, GM 3S Marketing PT. MForce Indonesia, selaku APM SM Sport di Indonesia menjelaskan jika saat ini SM3 merupakan naked bike dengan gaya retro yang menyasar pasar blue ocean alias yang belum digarap brand lain dengan mesin 400cc dengan harga yang sangat terjangkau. Motor yang bermain di kelas 400cc ini dibanderol Rp 88.600.000 OTR DKI Jakarta, tentu saja harga yang sangat menarik.

Meski dibanderol dengan harga sangat terjangkau, Pak Indra Gumay menegaskan jika kualitas dari produk SM Sport yang dijual di Indonesia merupakan kualitas “Grade A”, yang artinya meski secara teknis didatangkan langsung dari Cina, kualitas motor Grade A adalah kualitas paling atas dari produk Cina, artinya kualitas motor ini sejajar dengan produk2 Jepang. Hal ini bisa ditengok dari hasil Built Qualitynya yang memang jempolan ketika saya melihat langsung motor ini, tidak ada kesan motor dengan harga murah ketika naik diatas motor SM3.

Motor yang bersatus CKD dan dirakit oleh PT MForce Indonesia di Kawasan Industri Cikarang ini memang jelas sekali kualitas pengecetan, penyambungan pengelasan terlihat rapi, pantas saja meski didatangkan cari Cina namun kualitas bukan motor Cina seperti anggapan kita.

Ketika melihat mesinnya terlihat padat, dengan penempatan Radiator yang besar bahkan memakai dua kipas radiator, tak tanggung-tanggung karena kipas radiator saja memakai vendor dari Panasonic, jarang banget ada motor yang memakai vendor dari pabrikan elektronic besar yang satu ini.

SM3 dibekali dengan mesin 378 cc, 4-tak, 2-silinder, 4-klep, diameter piston x langkah pakai ukuran 66 x 55,2 mm, dengan kompresinya 10:1 serta berpendingin cairan.   Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 36 tk pada 9.000 rpm dan torsi 35 Nm pada 6.500 rpm.

Lampu depan menggunakan lampu Proyektor, kemudian untuk lampu sein dan lampu belakang sudah LED. SM Sport SM3, terdapat visor kecil di atas headlamp.

Lalu untuk bagian Speedometer perpaduan analog dan digital. Analog untuk takometer yang angkanya mentok 12.000 rpm, sedang digital untuk info lain mulai dari spidometer, odometer, tripmeter, fuelmeter, suhu cairan pendingin dan gear position.

SM3 menggunakan ban lebar. Di depan 120/70-17 inci dan belakang 150/70 inci. Selain membuat tampilan semakin gagah, ban lebar juga menjadikan motor semakin stabil saat diajak melaju cepat. Meski memakai velg jari-jari namun motor ini memakai ban tubeles, lihat saja desain velgnya yang unik terlihat menarik, jika biasanya lokasi penempatan jari-jari menembus velg, di motor ini jari-jarinya justru dibuat diluar sehingga bisa memakai ban jenis tubeles. Kelebihan lain dari motor ini, joknya rendah cuma 770 mm

Sasis yang digunakan model double cradle, dikombinasi suspensi depan upside down 41 mm dan belakang suspensi ganda, yang ulirnya dicat warna merah. Kedua suspensi belakang ini punya setelan preload 5 tingkat. Lalu untuk bagian system pengereman cakram di kedua roda, depan pakai kaliper 4 piston radial mount, yang belakang 1 piston.

PT. MForce Indonesia menjual motor ini dengan dua varian warna yaitu Hijau dan Hitam, motor ini resmi dipasarkan dengan banderol Rp 88.600.000 OTR DKI Jakarta.

Advertisements

2 KOMENTAR

  1. Desain Velg dan Hub roda out-of the box… jempolan, kesan klasik dan vintage velg jari² dapat fungsional teknologi kekinian tubless juga dapet
    jika bukan produk china dobrakan teknologi semacam ini hanya berani dilakukan produk after market

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here