ARIPITSTOP.COM – Alex Rins mengatakan dia ‘tidak mengerti’ mengapa Vinales tidak mundur dari balapan MotoGP ketika dirinya tahu dia memiliki masalah pada bagian rem hingga akhirnya justru tetap memilih melanjutkan balapan dan terjadilah kecelakaan yang menyebabkan balapan harus dihentikan.

Sebelum terjadinya kecelakaan, Vinales sudah merasakan keanehan pada remnya sekitar lap 3 atau 4, bahkan dirinya sempat melebar dan kehilangan lap time, sudah berada di posisi 6 langsung turun ke posisi 12. Kemudian Vinales tertangkap kamera sedang mengangkat tangannya untuk memberi tanda bahwa dia memiliki masalah dengan motornya. Bukan masuk ke pitstop, justru Vinales tetap melanjutkan balapan ketika masalah di motornya tiba2 hilang. Tapi tak diduga pada lap 16, motor Vinales tidak bisa melakukan braking hingga akhirnya Vinales menjatuhkan diri dari motornya, terlihat Vinales menjatuhkan diri dari motornya saat melaju 228km/jam.

Alex Rins heran kenapa Vinales tidak keluar dari balapan padahal sudah mengetahui sejak awal ada masalah serius di motornya. Rins yakin masalah Vinales mungkin karena dia tidak menggunakan piranti rem Brembo model baru menyusul banyak masalah panas berlebih dengan rem ketika balapan pertama di GP Austria.

“Masalah yang Maverick miliki, jika saya tidak salah, balapan terakhir (MotoGP Austria) semua pembalap mendapat kampas rem dan kaliper yang sangat panas,” kata Rins setelah finis di urutan keenam di MotoGP Styria seperti dikutip Autosport, Senin (24/8/2020).

Alex Rins bahkan berencana akan membawa masalah Vinales ini dalam pertemuan Komisi Keselamatan. Padahal, kata Rins, Joan Mir juga menggunakan bantalan rem yang sama dengan Vinales.

“Tapi jika Maverick sudah tahu selama beberapa lap bahwa dia kehabisan rem dan itu sebabnya dia mengangkat tangannya, normalnya dia masuk pit lebih awal. Saya tidak mengerti mengapa dia balapan terus.Kami pasti akan membahasnya pada pertemuan Komisi Keamanan berikutnya.” jelas Alex Rins.

Advertisements

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here