ARIPITSTOP.COM – Balapan MotoGP Styria merupakan seri kelima Kejuaraan Dunia musim ini yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (23/8/2020). Dalam balapan ini Vinales terpaksa harus menjatuhkan diri motornya akibat remnya mengalami blong.

Aksi berani di lap ke-16 itu menghindarkan Vinales dari maut. Motor tungganggan Vinales meluncur kencang dan menghantam pengamanan di pinggir lintasan sebelum akhirnya terbakar. Akibat kecelakaan itu, balapan sempat dihentikan dan dilakukan start ulang.

Vinales sudah merasakan keanehan pada remnya sekitar lap 3 atau 4, bahkan dirinya sempat melebar dan kehilangan lap time, sudah berada di posisi 6 langsung turun ke posisi 12, bahkan ketika lap 14 dirinya sempat mengangkat tangan yang merupakan tanda jika motornya terdapat masalah. Namun Vinales bisa kembali melaju dengan normal lagi, tapi tak diduga pada lap 16, motor Vinales tidak bisa melakukan braking hingga akhirnya Vinales menjatuhkan diri dari motornya, terlihat Vinales menjatuhkan diri dari motornya saat melaju 228km/jam.

Meski sempat jungkir balik setelah melompat dari motornya, Vinales sama sekali tidak mengalami cidera. “Beruntung, saya selamat. Kecelakaan ini sungguh luar biasa. Belum pernah saya mengalami masalah rem blong dan harus melompat dari sepeda motor,” ujar Vinales.

“Normalnya mungkin remnya akan lemah sedikit, ketika itu terjadi saya akan mengatur setelan tuasnya, tetapi hari ini setiap lap saya menyetel tuas dari sudut ke sudut, namun saya tidak bisa mengubah apa-apa.”

“Saya pikir tekanan pada remnya telah hilang. Saya melaju kencang tanpa rem – niat pertama adalah lompat dari motor, karena saya tidak bisa menghentikan motor dalam kondisi seperti itu, mustahil!”

“Saya mengerti betul bahwa remnya rusak atau semacamnya, jadi saya memutuskan untuk melompat. Kami mengalami kekalahan dan juga kami menang bersama-sama. Kami akan mencoba untuk kembali lebih kuat – sekarang kami harus melupakan dua balapan di Austria ini, yang pasti itu adalah dua balapan terburuk yang pernah saya alami di MotoGP. Kami pantas mendapatkan sesuatu yang lebih baik, kami bekerja sangat keras sepanjang akhir pekan.” pungkas Vinales.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here