ARIPITSTOP.COM – Jack Miller akhirnya resmi menjadi pembalap pabrikan Ducati untuk musim 2021, belum diketahui siapa yang akan disingkarkan oleh Ducati apakah Dovizioso atau Petrucci untuk menemani Jack Miller. Pembalap asal Australia ini memang sebelumnya sudah santer dibicarakan akan masuk tim pabrikan setelah musim 2019 yang lalu diberikan motor GP19 spek pabrikan meski membalap di tim satelit.

Jack Miller resmi menjadi pembalap Australia ketiga yang membela tim pabrikan Ducati, setelah Troy Bayliss di WSBK dan Casey Stoner di MotoGP, satu-satunya pembalap yang mampu membawa Ducati juara di MotoGP pada 2007. Jack Miller mendapatkan kontrak selama satu tahun di 2021 dengan opsi perpanjangan pada musim 2022.

Jack Miller menjalani debut Grand Prix sebagai pembalap wildcard di GP125 2011, dan akhirnya turun semusim penuh di Moto3 pada 2012 bersama Caretta Technology. Pada 2014, dirinya mendapatkan kontrak di tim Red Bull KTM Ajo.

Karir Miller melejit Bersama KTM dan Ajo Motorsport, Miller menjadi kandidat terkuat juara dunia, meraih 8 pole dan 10 podium yang termasuk 6 kemenangan. Ia kalah di tangan Alex Marquez tepat di seri penutup hanya dengan ketertinggalan 2 poin. Meski gagal jadi juara, ia tetap dilirik oleh Honda untuk diturunkan di MotoGP pada 2015.

Miller pun menjadi pembalap pertama di era modern Grand Prix yang langsung melompat dari Moto3 ke MotoGP. Dapat kontrak tiga tahun dari Honda, Miller menghabiskan tahun pertamanya di LCR Honda, dan selanjutnya di Marc VDS Honda. Sayang, ia tak mendapat dukungan teknis mumpuni. Hingga akhirnya Miller mendapatkan kontrak di Pramac Racing, karir Jack di kelas MotoGP cemerlang terlebih setelah dirinya mendapatkan motor spek pabrikan di musim 2019. Jack Miller berhasil meraih 5 podium dan akhirnya diberikan kepercayaan oleh Ducati untuk masuk tim pabrikan mulai musim 2021.

Pernyataan Resmi Jack Miller

“Pertama, saya ingin berterima kasih banyak kepada Paolo Campinoti (pemilik Pramac Racing), Francesco Guidotti (Manajer Tim Pramac Racing), dan seluruh anggota Pramac Racing atas dukungan besar yang saya dapatkan dari mereka selama 2,5 tahun yang kami habiskan bersama.

“Ini adalah sebuah kehormatan bagi saya, bisa melanjutkan karier MotoGP bersama pabrikan Borgo Panigale dan saya ingin berterima kasih kepada semua manajemen Ducati, Claudio (Domenicali), Gigi (Dall’Igna(, Paolo (Ciabatti), dan Davide (Tardozzi), yang telah mempercayai saya dan memberi saya kesempatan menakjubkan ini.

“Saya sudah tak sabar kembali berkendara tahun ini, dan saya siap untuk benar-benar berkomitmen pada tanggung jawab menjadi pebalap tim pabrikan Ducati pada 2021.”

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here