ARIPITSTOP.COM – Pertengahan bulan April 2018 kemarin saya berkesempatan mengunjungi tempat sejarah bagi perusahaan Suzuki, bagi orang awam pasti kita hanya tahu jika Suzuki itu sebuah pabrik otomotif baik itu roda dua ataupun roda empat, padahal awal berdirinya Suzuki justru bukan di bidang otomotif namun sebagai pabrik mesin tenun. Tempat ini bernama “Suzuki Plaza”, yang berlokasi di seberang kantor pusat Suzuki Motor Corporation, disini menyimpan memorial bersejarah mesin tenun, motor kapal cepat, mobil dan motor Suzuki.

Saya beserta 5 blogger lainnya datang ke Jepang atas undangan dari Suzuki Indonesia untuk bisa berkunjung ke markas besar Suzuki di Hamamatsu, melihat langsung proses produksi motor Suzuki Jepang di Tokoyama Plant, kemudian kita menyambangi Suzuki Plaza dan kita pun datang ke markas pengembangan motor Suzuki yang berlokasi di Ryuyo Jepang, yang di bangun pada tahun 1964.

cuma bisa foto di lobi saja, hehehe… RED ZONE…!

Di tempat inilah letak sirkuit pribadi milik Suzuki yang digunakan untuk pengetesan motor2 terbaru dari Suzuki seluruh dunia dan sirkuit yang memiliki lintasan lebih dari 4km inilah yang digunakan untuk pengetesan motor balap milik Suzuki yang berlaga di MotoGP, sayang banget di tempat ini kita benar2 RED ZONE untuk berbagai alat perekam seperti HP dan kamera, saya hanya bisa berfoto di lobi saja yang kebetulan ada motor GSX-R150 dipajang juga motor Gixxer yang dijual di India.

Lanjut lagi ke Suzuki Plaza, ketika datang ke museum ini tidak disangka2 kita disambut langsung oleh orang nomor satu di Suzuki saat ini yaitu President and Chief Operating Officer Mr.Toshihiro Suzuki, beliau adalah keturunan langsung dari Michio Suzuki yang merupakan pendiri dari Suzuki. Bukan hanya itu, ternyata kami 6 bloggers yang ditemani oleh Pak Yohan Yahya selaku Head of Sales & Marketing 2W PT. SIS dan Pak Itayama selaku Presiden Direktur PT SIS disambut juga oleh orang nomor dua Suzuki saat ini yaitu Kazumasa Watanabe yang saat ini memegang jabatan sebagai Group Manager ASEAN Marketing Group Motorcycle Operation Suzuki Motor Corporation.

President and Chief Operating Officer Mr.Toshihiro Suzuki
Group Manager ASEAN Marketing Group Motorcycle Operation Suzuki Motor Corporation, Kazumasa Watanabe

Karena kesibukan orang2 penting di Suzuki saat itu, akhirnya kita tidak bisa ditemani lama, selanjutnya kita dipersilahkan untuk masuk di ruang bioskop mini 3D theater untuk melihat proses produksi mobil Suzuki dari layar. Kemudian kita baru bisa mengekspolre isi dari museum ini, namun sayangnya kita hanya dikasih waktu 1 jam saja sehingga tidak bisa maksimal dech… masalahnya kalau dikasih waktu bebas… bisa seharian betah di dalam sini, hehehehehe…

Suzuki Plaza ini terdiri dari 3 lantai, yang lantai pertama merupakan lobi serta ruang utama, sedikit sekali motor yang dipamerkan disini, namun salah satunya ada motor balap yang dulu dipakai oleh bapaknya Valentino Rossi. Sementara lantai dua diisi Suzuki’s International Business dengan beragam spotsuzulig menarik, simulasi factory robot, assembly, development zone dan tadi ada ruang bioskop 3D.

Nah di lantai ketiga adalah tempatnya dimana sejarah awal mula berdirinya Suzuki, dipamerkan berbagai mesin penenun, motor dan mobil pertama kali yang dibuat oleh Suzuki. Di lantai inilah disimpan berbagai motor serta mobil memorial dari Suzuki.

Kita bisa tahu Suzuki pertama kalinya membuat sepeda kayuh yang diberi nama “power free” pada tahun 1909, lalu ada juga motor balap tahun 1962 ketika Suzuki ikut balap Isle of Man TT dan memenanginya dikelas 50cc. Dipamerkan juga motor Suzuki tahun 1965, 1972 ada motor GT 750, serta GSX1100S ditahun 1981.

Lalu ada motor trail yang diproduksi tahun 1982 yaitu TRAIL RM 250, 1985 motor GSX R 750, 1987 ATV L7 250. Tahun 1995 GSE 1200, 1998 Burgman 400, 1999 SV 650S juga GSX 1300 R atau HAYABUSA. Dan masih banyak lagi motor2 bersejarah tinggi di lantai ini, untuk lebih jelasnya bisa dilihat di video yang berdurasi lumayan panjang nich sampai 32 menit.

Berikut Videonya, via hp klik disini

Galeri :

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here