image description

Yang namanya beli motor bekas pastinya kita menginginkan kondisi motor yang kita beli masih bagus luar dan dalam. Keterbatasan dana sehingga kita hanya mampu beli motor bekas tidak mampu kredit atau beli cash motor baru, lalu bagaimana kejadiannya saat kita dibohongi oleh pemilik motor bekas atau calo motor second seperti kejadian yang satu ini.
instagram-aripitstop

Sebagai penjual pastinya akan berusaha bagaimanapun agar motor yang dijualnya bisa laku, namun jika ada sesuatu yang ditutupi pada saat menjual motor tersebut kemungkinan bisa dimasukkan dalam kategori penipuan. Sebagai pembeli pasti menginginkan motor yang dibelinya dalam keadaaan bagus, minimal motor tidak rewel atau bermasalah.

Namun banyak penjual yang mencoba mengakali motor yang dijualnya dengan berbagai cara yang penting sedikit mengeluarkan biaya. Sebagai pembeli alangkah lebih bijak jika ada perjanjian hitam diatas putih agar edua belah pihak tidak saling dirugikan. Atau jika penjual tidak mau adanya surat jual beli maka si pembeli membawa mekanik untuk mendeteksi kondisi motor agar tidak menyesal di kemudian hari.

Bayangkan saja, kondisi nomor rangka atau mesin sudah tidak timbul alias tidak bisa digesek lagi pakai kertas bisa timbul masalah pada saat mengurus surat2 nanti. Jeroan mesin yang lebih sering diakali agar motor tampak sehat padahal hanya bertahan sementara saja karena part rusak hanya diakalin saja.

Seperti kejadian yang dialami oleh bro Ihza Pagri motor bekas yang baru dibelinya ternyata bermasalah, jadinya rugi dan malah nombok besar untuk biaya service.


Berikut pengalaman dari bro Ihza Pagri :

Sebegini Parahkah dunia jual/beli motor bekas?
UPDATE: 30/09/17 22:50

#OOT
Assalamualaikum Wr.Wb
3 hari yang lalu, teman seperjuangan mengirimkan pesan bahwa ia akan membeli motor bekas. dengan berkembangnya teknologi, tentu memudahkan kita mencari lapak di situs” besar. alhasil setelah mendapatkan informasi lokasi dan deal masalah harga, ia mengajak saya untuk menemani menuju lokasi. sesampainya di lokasi, kami langsung berbincang mengenai kondisi motor. Alhamdulillah kami disambut dengan hangat. alhasil dengan harga yang sangat miring, masih worth it untuk memperbaiki nya karena pihak penjual hanya mengatakan terjadi masalah di CVT (matic) yaitu suara ngawung/siul saat rpm tinggi dan pihak penjual mengatakan bahwa itu terjadi karena cvt seret/kurang grease. selain itu hanya sekadar masalah lampu dan spedo. karena waktu sudah mendekati shalat maghrib akhirnya kami deal. karena saat itu bengkel sudah tutup, kami memutuskan untuk kembali ke kos (anak kuliah hehe). keesokan harinya kami kembali ke bengkel untuk re-check kondisi motor. saya memperhatikan dengan teliti kegiatan mekanik, dan melihat bahwa banyak berlumuran Grease/Gemuk di area cvt. mekanik bilang grease yg digunakan adalah sejenis grease “Kobra” bukan untuk cvt. curiga pada transmisi dan mesin, kami memutuskan untuk drain oli transmisi dan mesin. saat melepas baut transmisi, Tidak Ada oli yg keluar sama sekali, awalnya kami mengira bahwa oli sudah terlalu lama sehingga mengental layaknya jelly. begitu dibongkar transmisinya, bisa dilihat di gambar bahwa seluruh transmisi dipasang Gemuk yg bukan peruntukannya tadi (gambar terlampir) . di sini mekanik hanya tertawa. lanjut kami drain si oli mesin tadi, ternyata oli yg terkuras hanya kurang lebih 400-500ml, betapa jahatnya tindakan terhadap motor tersebut. teman saya langsung konfirmasi kejadian ini ke penjual, alhasil kami di block di wa, padahal kami ngomong dengan cara yg baik, bukan langsung menghardik. Bersambungg..

Update 30/09/17 22.50

kurang lebih percakapan dengan penjual begini
A: ane
B penjual

A; Mas, kemarin motor mati di jalan nih, tarikan juga loyo, tadi udah ke bengkel, yang kena gear rasio ( di read aja)
A: gimana mas?
B; gimana apanya?
B: untuk komplen apa yang di komplen gan, motor seken wajar lah perbaikan. saya bilang rusak bagian CVT kalau saya pake dan pikiran saya hanya servis aja kan bukan di mesin, kecuali agan baru sampe rumah silakan balik lagi, kalau barang sudah nginap ya saya gabisa, silakan tanya showroom lain, kemarian saya bilang cvt belum dibongkar karena mekanik saya sakit dan katanya cuma perlu dibersihin, mohon dimengerti ya, makasih
A; kemarin perjanjiannya CVT karena seret. mas sendiri yang ngomong. sekarang di cek gemuk malah ke mana mana, kalo emang nggk tau apa yang kena jangan dijanjiin gan (pesan tidak terkirim karena sudah di block)

karena sudah sakit hati diginiin ;( (baper) akhirnya udah gamau ngurus tuh seller, fokus ke perbaikan motor. alhasil yang kena adalah GEAR RASIO. akhirnya ane inisiatif ke suatu bengkel yang menjual sparepart asli tanpa inden. akhirnya ketemu lah 1 set rasio, 2 buah batangan besi + 2 gear. dengan nominal 514 Ribu. langsung cuss ke bengkel bawah tuh barang ke bengkel.

sesampainya di bengkel, dengan perasaan senang bawa tuh barang, motor itu langsung dilanjutin, alhasil Ring dekat rumah roller hilang, tutup rumah roller kegerus karena ring tadi hilang, kruk as kalo gasalah namanya gompel nggk bergerigi lagi, di sini makin sedih  Bersambung dulu om

QnA:
-Buat apa om bikin thread ini?
– Buat jadi pelajaran teman teman , jangan sampai terulang hal konyol seperti ini

-Mongtor apa gan?
-Mio M3

-Kenapa ga didatengin gan?
-orang kek gitu keras kepala gan, udah pro masalah ginian ngehadapin org yg protes ke dia. percuma didatengin ngabisin waktu sama bensin.

Kesimpulan yang didapat dari teman teman:
kalo mau beli mokas, bawa mekanik kepercayaan kita untuk checkup ntuh motor. diusahakan drain oli di tempat, dan kalo jelek, langsung ucap di depan muka dia motornya jelek dan cancel 

8 KOMENTAR

  1. Sampe segitunya, pemilik yang pakai sebelumnya asal pakai tanpa perawatan, padahal biaya merawat motor lebih murah dari rokok sehari sebatang.

  2. Showrom nazli motor gan jalan raya condet kemarin ane beli supra x helm in dpin besoknya ditebus ternyata malamnya part dituker tukerin. Alhasil abis benerin ke bengkel samapai 1jtaan kena seher sama ganti blok mesin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini