image description

Mudik sudah menjadi rutinitas setiap tahun terutama untuk para umat muslim yang ingin merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman, berbagai moda angkutan sudah tersedia dari angkutan darat, laut hingga udara dengan berbagai macam jenis alat transportasinya, namun hingga saat ini transportasi yang paling favorit adalah memakai kendaraan sendiri meskipun resiko terjadinya kecelakaan sangat besar.

instagram-aripitstop

Banyak persiapan yang harus kita lakukan jika ingin mudik memakai kendaraan pribadi baik itu motor ataupun mobil, sudah pasti badan harus sehat dan kondisi kendaraan juga sehat harus dipersiapkan sejak lama jangan mendadak service kendaraan kita mendekati hari kita berangkat mudik.

Jika semua sudah dipersiapkan kini masih ada satu lagi yang wajib dimiliki oleh para pemudik bahkan buat masyarakat yang ingin bepergian jauh atau buat para biker yang suka touring. Pertamina meluncurkan aplikasi bernama ”Pertamina GO”, aplikasi ini untuk mendeteksi keberadaan SPBU terdekat kita, jadi disaat bensin di kendaraan sudah menipis kita bisa melihat kira2 seberapa jauh SPBU yang terdekat akan kita lewati.

Aplikasi ini menggunakan semacam google maps, sehingga mencari dimana titik SPBU yang terdekat dari kita. Dengan aplikasi ini kita tidak perlu repot2 lagi bawa BBM di derijen, karena membawa BBM di derijen berpotensi menimbulkan kecelakaan terutama kebakaran.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, kita tinggal download saja playstore dengan kata pencarian ”pertamina go”, jika sudah selesai proses download kita tinggal langsung pakai saja.

Namun ada satu kelemahan yang saya temukan dari aplikasi ini, karena menggunakan aplikasi google maps maka aplikasi pertamina go ini mencari letak SPBU berdasarkan posisi terdekat secara garis lurus dari posisi kita bukan mencari SPBU terdekat via jalan yang kita lewati. Seperti contoh dibawah ini.

Ketika saya mencari SPBU yang dekat dengan rumah saya ternyata saya disarankan untuk menuju SPBU yang jalur jalannya lebih jauh bahkan dua kali lipat dari jalan normal karena harus memutar, padahal di komplek perumahan saya sendiri terdapat satu SPBU meskipun jika ditarik garis lurus lebih jauh 300 meter dari SPBU yang disarankan.

Meskipun begitu, SPBU yang akan tidak disarankan akan tetap muncul di aplikasi jadi kita tetap bisa mendeteksi SPBU terdekat.

SPBU yang disarankan di jalan baru jonggol jika ditarik garis lurus hanya berjarak 3,3 km namun jika melewati jalan raya ternyata lebih jauh sepanjang 10,7 km :

SPBU terdekat via jalan normal hanya 3,6 km saja :

Selain itu manfaat dari aplikasi ini juga kita bisa mengetahui update harga BBM saat ini.

Nach asiknya juga, aplikasi ini menunjukkan detail jenis BBM apa saja yang dijual di SPBU yang akan kita tuju. Bermanfaat banget kan…

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini