image description

Mau pasang knalpot after market atau modifikasi ?, jangan sampai salah pasang karena jika masangnya sembarangan bisa berakibat fatal, yang pertama knalpot akan lecet akibat kena gesekan as roda belakang atau armnya yang rusak akibat gesekan dari knalpot dan atau keduanya bisa rusak bersamaan.
honda cengkarenginstagram-aripitstop

Kalau kita pasang knalpot after market yang sesuai dengan tipenya, biasanya tidak masalah karena braket sudah disesuaikan, namun kalau knalpot diluar tipe dari motor kita maka kita harus hati saat pemasangannya karena biasanya harus di akalin braketnya. Bahkan knalpot after market yang sudah sesuai tipenya saja kadang braketnya ada yang kurang pas saat kita pasang.

Pastikan pada saat kita memasang knalpot after market minimal ada celah 2cm dari permukaan terluar arm roda dengan knalpot, sebenarnya 1cm sudah bisa tapi lebih amannya adalah 2cm karena pada saat memasang celah antara knalpot dengan arm sudah jauh namun setelah pemakaian beberapa hari ternyata celah antara arm dengan knalpot bisa geser sendiri semakin dekat jika braketnya tidak pas.

Seperti yang terjadi di motor milik bro dimas N yang dishare di grup R15, arm di motor R15 miliknya bolong akibat gesekan antara knalpot dengan arm akibat pemasangan knalpot tidak pas. Bagaimana kita tahu celah antara arm dengan knalpot lebar atau sempit ?, mudah bro… lihat dari belakang, suruh teman untuk mengayunkan motor kita berulang2, maka akan kelihatan jelas apakah saat mengayun jaraknya sempit atau lebar.

Dulu saya juga pernah manangani konsumen yang knalpotnya lecet akibat gesekan dengan as roda belakang.
Lihat gambar dibawah ini, posisi knalpot mepet ke arm sehingga ketika mengayun as roda mentok ke knalpot.

PASANG KNALPOT (2)

Ya sudah… posisi knalpot langsung dibenerin dech…ada dua cara yang pertama braketnya kalau masih ada celah bisa digeser keluar saja. Ini hasilnya…

PASANG KNALPOT (3)

Yang kedua pakai tambahan bos di braket knalpot yang nempel di footstep agar posisi knalpot bisa jauh dari arm.

PASANG KNALPOT AFTER MARKET

Demikian info singkat semoga berguna…

18 KOMENTAR

  1. Memangnya waktu jalan gak kedengaran? Kupingnya kurang sensitif. Mau gaya tapi kelihatan jadi bodoh, knalpot after market memang main cantol pakai braket, bisa juga merusak baut leher knalpot.

  2. Mungkinkah Panas knalpot bisa membuat bolong swing arm. Motor premium seharusnya menggunakan knalpot aftermarket premium yang bracketnya presisi. Sepertinya bisa dilas mirip kalau footstep alumunium patah.

  3. harusnya dikasih ring karet 2 biji n panjangin baud nya biar gak mentok arm. klo knalpot murahan biasanya bgt, gw pernah beli buat si buosok, dudukan knalpot nya gak pas, akhirnya ngebor dikit disebelahnya baru masuk baud nya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini