yamaha-dan-honda

Sedang panas isu kartel yang sedang menghinggapi Honda dan Yamaha di indonesia dan kedua pabrikan saling membantah, justru di jepang keduanya memang saling bekerja sama. Sidang kartel yang terakhir menghadirkan saksi2 dari pabrikan seperti dari kawasaki, suzuki dan TVS dan semua bilang kalau mereka meragukan adanya kartel karena itu hanyalah sebuah persaingan bisnis. Kabar dari jepang justru kedua pabrikan sudah sah saling menjalin kerjasama.

honda cengkareng

Saat ini Yamaha mengimpor matic 50 cc dari Taiwan untuk pasar dalam negeri Jepang. Namun seiring terus turunnya penjualan motor di negeri Matahari Terbit tersebut, wacana memproduksi matic di dalam negeri jadi pertimbangan. Bukan diproduksi di pabriknya sendiri, namun matic 50 cc Yamaha ini akan dirakit di pabrik perakitan milik Honda di Kumamoto, Jepang dan akan dimulai pada 2018 mendatang.

Dan tanggal 5 oktober kemarin ternyata Yamaha dan Honda sudah sah menjalin kerjasama untuk memproduksi motor matic 50 cc. Bukan hanya memproduksi matic 50cc namun keduanya juga menjalin kerjasama dalam hal pengembangan motor dan terbuka lebar kedepannya akan melebar kekelas diatas 50 cc. Diwakilkan pejabat dari kedua pabrikan, Yasato Takahiro (Honda) serta Hiroyuki Yanagi (Yamaha) keduanya saling berjabat tangan menyampaikan visi dan misi atas terjalinnya kerjasama ini.

Honda menerima tawaran memproduksi matic Yamaha karena pabrik Kumamoto sendiri, saat ini berjalan tanpa kapasitas produksi penuh, masih ada slot kosong yang harus diisi untuk menyehatkan pabrik tersebut secara ekonomi. Pabrik Kumamoto sendiri membutuhkan suntikan produksi setelah hanya memproduksi 156,000 unit sepeda motor pada tahun fiskal 2015 dari kapasitas sesungguhnya yang mampu membuat 200,000 unit motor.

Buat para fansboy Yamaha dan Honda di indonesia apakah akan saling menjalin kerjasama juga ?. cipika cipiki…

Advertisements

14 KOMENTAR

  1. Nah, gini kek…. kan adem jadinya. kerjasama ya?
    barangkali keluar New Beat Z PGM Blue Core :v

    Bos nya aja bisa akur, kenapa FB FB pada ribut sendiri ya? wkwkwk

    BTW gue Pertamax ya?

  2. di asalnya, produksi bisa jauh di bawah kapasitas..
    kalo di endonesa mah jualan apa aja laku, asal merknya jepang.. bangun pabrik baru juga pasti penuh.. ngahahaha… 😀

    negeri merdeka yg terjajah 🙁

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here