vixion terjang banjir (1)

Ngeri ach motor diajak berenang gitu, awalnya sich mungkin tidak masalah tapi kalau air masuk ruang mesin dan bercampur oli maka komponen motor di dalam mesin yang berhubungan dengan gesekan dan pelumas oli akan terjadi keausan yang mengakibat motor bisa mogok, yap… oli berubah jadi milky. Kalau oli milky dan ditambah lagi water hammer maka lengkap sudah penderitaan.

honda cengkarengalarm mp

vixion terjang banjir (2)

Saat kita harus terpojok harus menerjang banjir pastikan setelah menerjang banjir motor kita segera dicek terutama oli mesinnya agar kalau mesin kemasukan air kondisi oli tidak terjadi milky. Apa saja yang harus kita perhatikan setelah menerjang banjir ?

1.Jika motor mbrebet setelah nglewatin banjir segera cek kondisi busi jika perlu ganti baru.

2.Cek kondisi filter udara, biasanya setelah nerjang banjir yang ketinggian air sampai diatas karburator maka wajib untuk bongkar filter udara tujuannya jika air membasahi filter udara maka filter udara bisa dilepas dulu jika sudah diberes segera ganti baru.

3.Jika motor mbrebet atau bahkan mogok, bisa karena karburator kemasukan air, untuk tindakan awal bisa membuang air didalam mangkok karbu lewat lubang pembuangan,biasanya diujung bawah karburator ada baut plus / men ,buka atau kendorkan baut tersebut agar bensin yang tercampur air bisa keluar. Jika tidak bisa bongkar karbu maka segeralah bawa ke bengkel.

4.Dan ini yang paling penting, cek kondisi oli. Jika air masuk ke bak mesin maka dipastikan oli akan bercampur dengan air dan karena perputaran maka oli dan air bercampur jadi satu mengakibatkan oli berubah jadi putih (milky) yang bisa merusak komponen part jeroan motor.

5.Untuk motor matic, jika motor terasa selip atau motor tidak jalan padahal gas sudah dibejek , motor segera bersihkan bagian cvt-nya karena air masuk kedalam cvt mengakibatkan v-belt basah air dan selip.

6.Ganti filter oli jika oli sampai bercampur dengan air (terjadi milky oil).

7.Silahkan sharing, tambahin lagi…

Kalau sudah terjadi milky, maka begini cara menormalkannya lagi:

Di artikel dulu pernah saya bahas cara kuras oli mesin yang sudah milky(klik disini). Coba saya ulang kembali..monggo diperhatikan.

Pertama beli solar cukup satu liter saja, oli mesin baru 4 botol ( atau oli mesin bekas yang masih bagus dua btl dan oli baru 1 btl ).
1.Buang oli mesin yang sudah berubah warna jadi putih, kemudian masukkan setengah botol oli mesin dan setengah liter solar. Hidupkan motor sekitar 3 menit langsam.
2.Buang oli mesin,tuang lagi setengah botol oli dicampur solar setengah liter,kemudian hidupkan motor sampai 3 menit langsam.
3.Buang lagi oli mesinnya yang warnanya sudah mulai normal kembali,tuang satu botol oli mesin kemudian motor dihidupkan langsam 3 menit lagi.
4.Buang oli lagi ,tuang lagi satu botol oli mesin kemudian hidupkan kembali motor sampai 3 menit. Kemudian buang oli mesinnya yang tampak normal kembali.
5.Tuang oli mesin satu botol,ganti oli mesin satu minggu kemudian setelah itu penggantian oli normal kembali sesuai perawatan berkala.

Lihat gambar dibawah ini, oli 1itu adalah contoh oli sesuai urutan diatas tetapi kang ari pakai oli mesin bekas yang masih bagus ( oli ksg pertama motor baru ),biar ongkosnya lebih irit.

 

Advertisements

11 KOMENTAR

  1. 6.Ganti filter oli jika air sampai bercampur dengan air.
    ———————————————
    Gagal paham @_@

  2. Wah salah kaprah lagi… Itu bukan WATER HAMMER, tapi HYDROLOCK!. Water hammer itu terjadi misal keran air dibuka kenceng terus langsung ditutup, aliran air yang kenceng langsung dihentikan seolah2 “nabrak” katup keran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here