sinetron anak jalanan

Sinetron anak jalanan akhirnya mendapatkan tegoran dari KPI, sinetron ini dianggap bisa mempengaruhi remaja untuk meniru adegan2 yang ada didalam sinetron.

Berikut pelanggaran yang dimuat oleh KPI yang dirilis tanggal 11 januari 2016.

Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) berdasarkan kewenangan menurut Undang-Undang No. 32 tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran), pengaduan masyarakat, pemantauan dan hasil analisis telah menemukan pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI tahun 2012 pada Program Siaran “Anak Jalanan” yang ditayangkan oleh stasiun RCTI :

Pada tanggal 31 Desember 2015 pukul 20.09 WIB :

  1. Program tersebut menayangkan adegan seorang laki-laki berkelahi melawan sekelompok geng motor, pengeroyokan sampai pingsan.
  2. Selain itu, pada tanggal yang sama terdapat adegan seorang pria mengucapkan kata “tolol” dan “bego”.
  3. KPI Pusat menilai adegan tersebut berpotensi ditiru oleh remaja yang menonton dan berdampak negatif. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan remaja dan penggolongan program siaran.

Sanksinya :

KPI Pusat memutuskan bahwa program tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 14 dan Pasal 21 Ayat (1) serta Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 15 Ayat (1) dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a. Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan menjatuhkan sanksi administratif Teguran Tertulis.

Pada tanggal 26 Desember 2015 pukul 19.16 WIB :

  1. Terdapat adegan seorang remaja wanita mencium pipi pasangannya.
  2. Selain itu pada tanggal 27, 28 dan 29 Desember 2015 serta 3 Januari 2016, kami juga masih menemukan banyak adegan perkelahian antar geng motor.

Dengan tegoran ini maka pihak KPI meminta kepada yang bersangkutan untuk merubah tema cerita jalannya sinetron, jika tidak dirubah maka harus ditayangkan di jam antara 22.00-03.00 waktu setempat.

anak jalanan kena tegor KPI

Advertisements

60 KOMENTAR

  1. bguslh,mw jd ap pemuda sekrng.klo bsanya brntem,mnta bliin mtr sport bwt gaya2an.pdhl doa ortu spy anknya mjd ank yg sholeh.mdh2n pemuda skrg sadar akn pntingnya beribadah dn brbkti kpd ortu,amin

  2. Saya setuju sinetron itu tidak mendidik anak muda dan saya sebagi anak muda sangat di sayangakan sekali mengapa tv tontonan ini di tayangkan ke masarakat indonesia seharus nya acara tv itu harus lebih seleksi dan teliti… lgi
    Klo bisa di setop aja…….!!!!!!!!

  3. Memang gak mendidik!! Mending di stop ajalah KPI dari pada berdampak NEGATIF!! Stop aja sinetron nya kalo benar2 Mau melindungi anak bangsa!! Saya setuju dengan KPI

  4. Setiap tayangan itu ada sisi negatif dan positifnya, Tergantung bagaimana kita menyikapinya. Dari pribadi kita masing2 sj yg nilai, yg positif kita contoh dan yang negatif harus kita buang jauh2 dan dijadikan acuan spy gak sampai menuju kenegatifnya. PAHAM. Jadi KPI gak usah terlalu agresif gitu. Klo perlu KPI dibubarin aja dan dialihkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi untuk habisi para koruptor yg merugikan negara.

  5. Ini tegurannya pihak anak jalanan diberi 2 pilihan, merubah jam tayang atau mengganti jalan cerita, dan semua sudah beres gan,,, KPI menerima dan anak jalanan lanjut tayang tanpa mengubah jalan cerita maupun jam tayang, tetapi mengurangi adegan yg dimaksud dalm pelanggaran,,, salam.

  6. alah.. KPI kebanyakan pelanggaran,, kalau soal dosa.. atau apa itu di tanggung sendiri2.. kapan bisa maju indonesia perfileman kalau kayak gini..

  7. Gara2 KPI sekarang semua film import yg tayang di tv sudah tak layak tonton lagi. Orang ngerokok disensor, orang luka disensor, orang kena pukul disensor, kena tembak disensor. Kena tendang disensor. Berhadap2an mau tarung, tau2 sudah jatuh aja kalau lagi fight. Jadi aneh ngeliatnya.

    Padahal dulu tahun 80-90an gak ada sensor2an tapi masyarakat dan ABGnya gak seberingas dan sealay jaman sekarang.

  8. bocah jaman sekarang memang jauh lebih parah.. -> yg gak ngerti ini brarti gak peduli..
    makanya adegan2 yg mmberi contoh gak baik harus diminimalkan..

  9. Perasaan dari awal sinetron ini tayang aj udah g Bener, Aneh, gak ad Posifit.nx. KPI.nx baru angkat bicara sekarang. Sungguh aneh. Film mancanegara yg mau masuk Indonesia belum2 udah dilarang gara2 ini itu. Kalo sinetron Indonesia lepas gtu aj…..

  10. kapan sekolahnya, kapan belajarnya, kapan dapat prestasiya, tau tau dapat bea siswa, bener bener film aneh, tapi yang jelas filmnya berantem terus, sampek tanyangan makannya dan tidurnya saja bisa dihitung, kebanyang kagak kalo diterapkan dikehidupan sehari2…..sedikit tidur dan makan tapi bayak berantem wakwakwak…

  11. Sudah tau 2 kali melanggar kok gak diperhentikan, kok kalah dengan permainan bola 2 kali kartu kuning langsung out Kartu merah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here