mobil terbakar saat isi bensin

Hati2 saat mengisi BBM ke motor atau mobil kita, pastikan mesin dalam kondisi off, kenapa saat mengisi BBM harus mesin mati bahkan untuk motor bikernya harus turun dari motor ?.

Mengisi BBM disarankan mesin dalam kondisi mati karena pada saat motor atau mobil hidup mengeluarkan gelombang elegtromagnet yang bisa membantu memercikkan api, apalagi jika kondisi motor kita sedang bermasalah dengan kelistrikan akan bahaya jika terjadi konslet maka akan timbul api dan uap BBM bisa terbakar menimbulkan kebakaran.

Saat mengisi BBM ke motor ada sebagian SPBU yang mengharuskan biker turun dari motor, pada saat mengisi BBM tanpa turun dari motor maka yang menjadi tumpuan motor bisa berdiri adalah kedua kaki kita, bayangkan jika tiba2 ada percikan api di tangki motor ? reaksi biker akan terhambat bahkan motor akan ambruk dan tumpahan bensin akan menyebabkan api semakin menyambar besar, bandingkan ketika kita turun dari motor saat ada insiden maka kita bisa langsung menghindar dan bensin di tangki motor tidak tumpah karena motor masih tegak berdiri.

Meski penjelasan diatas kurang masuk akal tapi ada benarnya juga toch dan mencegah lebih baik.

tunggu 1 menit kalau video nggak nongol klik disini

Advertisements

10 KOMENTAR

  1. Kita mah uda matiin mesin mobil yg antri diblkg yg mesinya msh idup gmn hayo? kan mesin mobil kita jauh didepan lbh dket sama mesin yg antri diblkg.. hmm

    • benar juga ya..mesin mobil yang antri di belakang lebih dekat posisinya dengan selang bensin, gak mungkin juga do’i matiin mesin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here