busi iridium r15 dan r25

Busi iridium adalah busi yang mempunyai diameter sangat kecil cm 0.4mm (terkecil di dunia) yang terbuat dari iridium alloy yang kuat dan tahan panas, sehingga dengan bentuknya yang kecil tegangan yang di butuhkan untuk pengapian menjadi rendah sehingga memudahkan saat start dan memperbaiki akselerasi oleh karena itu ketika koil,  cdi, spul motor mengeluarkan pengapian yang kecil motor masih berpeluang bisa hidup dibandingkan dengan busi standar.

Selain itu manfaat dari busi iridium adalah :

  1. AKSELERASI SPONTAN, Dengan Pembakaran yang sempurna akan
    menghasilkan tarikan yang lebih cepat.
  2. LEBIH BERTENAGA, Dengan pengapian lebih fokus dapat
    mempertahankan performa.
  3. IRIT BAHAN BAKAR, Dengan pembakaran sempurna akan mencapai
    tingkat ekonomi bahan bakar.
  4. STARTER LEBIH MUDAH, Material Iridium menjadikan tegangan yang
    diperlukan lebih kecil untuk starter.
  5. BEBAS ENDAPAN KARBON, Teknologi Thermo Edge Design yang sudah
    dipatenkan memastikan ketahanan terhadap
    carbon fouling.

busi iridium r15 dan r25 1

Untuk memanjakan konsumen yamaha dan yang mau meningkatkan performa maka kini Yamaha POD menyediakan busi iridium yang bertipe CR9EIX-11 dengan nomor part 90798-C0062, busi ini bisa digunakan untuk motor R15, R25 dan MT-25. Yamaha POD membanderol busi iridium CR9EIX-11 hanya Rp.99.000,- dan busi ini sudah bisa mulai dipesan lewat dealer2 yamaha terdekat.

Nach… yang kemarin susah cari busi iridium buat motor R-Series sekarang bisa dengan mudah didapatkan di dealer yamaha.

busi iridium r15 dan r25 3

Advertisements

24 KOMENTAR

  1. ehmm….
    om ari, bukannya tipe busi dingin lebih cocok buat mesin kompresi tinggi yah?

    kalo mesin premium ready kan mubazir pake busi dingin….

    salam susah netral

    • Kalau bawa motor untuk komuter harian kayaknya belum perlu Iridium, malah mubazir.

      Performanya baru muncul kalau dipasang di motor DOHC sejati double silinder kayak ninin250 atau R25.

    • Aku pake busi iridium ngk cr8eix di old vixion , hasilnya joss tarikan gas nya. Monggo dicoba mas e ndek NVL / NVA. Beda banget sm tarikan gass dengan busi standart.

  2. turun derajat kalo cbr250 pakai ini, cbr250 punya gradenya lebih tinggi dan tipe projected (bisa cek di web nya ngk langsung).

    Btw kang ari punya busi cr9ek tidak? Tapi jangan mahal2 amat, kalo beli di yamaha sih kemahalan banget.

  3. maaf niihh kata wak haji..harus di sesuaikan dengan kebutuhan/lebih cocok untuk balapan..nahh kalo untuk vixion dan dipake harian gimana…apa ada pengaruhnya..
    thkss

  4. ralat om, 0,4 mm terkecil di dunia itu Denso Iridium,,, NGK cuma 0,6 mm,, bahkan kalah sama Volker Iridium yg udh bisa 0,5 mm (Rebranded Volker Iridium: TDR Twin Iridium, Hurricane Twin Iridium)

    kenapa NGK yah ?

    soalnya meski diameter center electrode kalah dibanding Denso, tapi NGK punya varian busi iridium yg sangat lengkap,,,

    nah untuk R15 dan R25 ini Businya punya gap 1,1 mm, sedangkan Denso Iridium tidak nyediain varian busi yang gap nya serengang itu,,, meski bisa dilakukan gapping ulang, tapi untuk produksi masal apalagi ini OEM Stuff gk mungkin mau repot-repot regapping. jadi dipilihkan NGK Iridium IX. yakni NGK CR9EIX-11 << angka 11 itu artinya gap businya 1,1 mm (Denso Iridium Power 0,8 mm)

    NGK juga ditunjuk Honda sebagai OEM untuk CBR250 yakni NGK SIMR8A (Projected Insulator dan Platinum Tip di Ground Electrode), karena Denso Iridium lagi-lagi tidak ada varian Projected Insulator.

    Jangan heran kalau NGK jadi Favorite OEM, karena varian businya lengkap, tinggal repacking (ganti kemasan), gk perlu special request (minta bikinin khusus yg biayanya mahal)

    Alasan lain kenapa NGK dipilih OEM karena OEM lebih mementingkan Lifetime daripada High Performance,,, oke lah Denso itu 0,4 mm yg artinya Better Performance than 0,6 mm,, tapi 0,4 mm itu juga usia pakainya lebih pendek daripada 0,6 mm,,, bahkan OEM Mobil lebih memilih 0,7 mm loh agar usia pakainya lama.

    0,4 mm = 15.000 KM ( jangan kaget, kalo gk percaya buka link ini: http://www.globaldenso.com/en/products/aftermarket/plug/qa/iridium/qa_6.html )
    0,6 mm = 40.000 KM
    0,7 mm = 100.000 KM

  5. Hati-hati jangan pake busi ini di motor lain sob,,, ini Gap nya 1,1 mm loh,, kecuali situ rela regapping ke 0,9 mm secara manual dengan cara digetok dan pake feller gauge (jangan pake feeling), ane mah ogah ngakalin gitu,,, mending beli non OEM aja NGK CR8EIX-9 kalo buat Vixion atau motor lain yg busi standardnya NGK CR8E,,, soal heat level ya bebas aja sesuaikan suhu lingkungan, mau 8 atau 9.

    Jangan lantaran label OEM, lantas main pake aja di motor Yamaha lain yg kebetulan busi standard nya sama-sama NGK CR*E,,, udh jelas-jelas busi ini untuk R15 dan R25 kan,,,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here