Entah apa yang ada dibenak pemilik motor mio j ini, info yang ada motor ini ambrol karena mesinnya memakai pelumas oli gardan ( oli gardan mobil). Pelumasan di mesin membutuhkan pelumas yang biasanya memiliki SAE berkisar diantara 15W-30 sampai 20W-50 lach kalau di kasih oli gardan yang memiliki kekentalan sekitar 75W-90 sudah pasti mesin ambrol.

Oli gardan dengan tingkat kekentalan yang tinggi sekitarΒ 75W-90, dengan tingkat kekentalan yang tinggi maka oligardan tidak semudah melumasi semua bagian part2 seperti fungsi dari oli mesin bahkan dari tingkat pendinginan mesin juga sangat berbeda.

Saat ini sedang tenar oli diesel dipakai dimotor, mungkin inilah yang dimaksud sang pemilik motor… maunya beli oli diesel tapi malah oli gardan mobil… ya sudahlah komplit tingkat sesatnya…

Pakai oli mesin yang sewajarnya saja… nggak usah neko2…dan semoga kejadian ini menjadi pelajaran kita bersama, jika kita tidak tahu maka harus bertanya jangan sampai kita rugi karena ketidaktahuan kita.

efek oli gardan masuk di mesin (1)

Advertisements

76 KOMENTAR

    • Pabrikan sudah merancang dan ngetest olie mana yg sesuai dengan mesin yg dibuatnya. Heran masih ada yg coba2 mengunakan olie yang tidak sesuai peruntukannya.

      Jangka pendek mungkin tidak kelihatan akibatnya, tapi efek jangka panjang hanya pabrikan yang tahu dan punya track record pengetesannya.

  1. Gara-gara baca artikel bloger jemuran, jadinya yaa begitu om ngoahahahaha

    bloger jemuran pada sotoy buat artikel oli diesel wkwkwkw

    saram ane kagak usah ikut2an bloger jemuran deh pake oli diesel, lha wong segala sesuatunya udah di itung kok sama Atpm wkwkw

  2. horang kayah… mau apa aja ya terserah… next, beli sonic pake minyak jelantah bekas goreng tempe. biar knalpot bau tempe goreng…

  3. Nganu……….
    Tulisan nya gak jls, apa hubungannya oli gardan sm oli diesel……..??!?
    Jd mikir keras………sambil dielus2 biar keras……………….
    Mau nyindir oli diesel gak bgs utk mtr yah, bilang aja lgsg gt, susah amat……..
    Lagian emang hasilnya jauh lbh nyaman kok pk oli diesel, ngapain jg pk yg biasa yg sbntr dah bikin kemrosak gak nyaman ceklak cekluk…….
    Dah gt ajah………..
    Ajah gt dah……..
    Gt dah ajah………….

    • Tipikal pengguna oli diesel, disentil dikit langsung panas kek bisul mau pecah.. Kalem dikit napa?

      Maksud empunya warung, ini si doi kemungkinan mau nyoba ikutan kek ente sebagai pengguna oli diesel yg super mulia, tapi gak ngerti oli, malah diisi oli gardan.. Emang mau bandingin oli apa lagi? Oli samping? Kan ente ente yg mulia pake oli diesel, ya wajar kan diambil contoh “mau pake oli diesel, malah salah beli jadi oli gardan”.

      Dah, minum susu dulu dek, ntar dimarahin mamah.

        • See, tipikal banget kan.. baru gini aja langsung dah pada ngumpul, ada yg gak setuju sama oli diesel langsung diserang rame rame.. hahaha.. Really, just grow up, kiddo. Udah kek FPI aje, ada yg gak setuju, diseruduk.

      • semua santai dulu masbro, baik pengguna HDEo dan yg bukan mohon santai sejenak…..lakukanlah hal2 sesuai kesukaan masing2, jangan saling ngotot dan memaksa paling benar….mending pake oli gardan wae yo gapopo….wkwkwkwkw…:D

  4. Ente ga usah bawa2 oli diesel beda lah sama oli gardan, ente cobain dulu oli diesel baru komentar, cobain aj ga berani tapi dah berani komentar..sama tololnya ente kaya yg pake oli gardan di atas..salam pfd

  5. Maaf sebelumnya ya Mas Ari, ada beberapa point :
    1. Kalimat “..mungkin inilah yang dimaksud sang pemilik motor, maunya beli oli diesel tetapi malah beli oli gardan mobil”, berarti masih kemungkinan kan? Mas Ari sudah nanya langsung ke orangnya, beneran dia mau pakai oli diesel tapi salah beli atau bener2 salah beli karena sebab lain? Atau ini hanya tebak2an Mas Ariyanto saja? Saya harap hati-hati Mas, tulisan panjenengan dibaca & dijadikan referensi buuaanyak orang lho, kalau tidak valid padahal sumber ada di depan mata, yaa . . . . . no comment dehh πŸ˜€
    2. Tolong cek lagi di dokumen JASO J300, adakah disana spek oli mesin 15W-30? Atau cek botol-botol oli yang ada aja deh, ada ga yang SAE 15W-30? Sekali lagi ini menyangkut kredibilitas panjenengan, tiap hari megang motor tapi nyebut VG (Viscosity Grade-tingkat kekentalan) oli saja koq (maaf) salahnya kebangetan? Kecuali typo bisa dimaklumi ya Mas.
    3. Di grup kami sudah sejak lama ada larangan keras menggunakan oli gardan, karena kami tahu akibatnya seperti itu. Sekedar info saja, oli gardan 75W-90 itu kekentalannya sama dengan oli mesin 10W-50, hanya bedanya dia tidak dirancang untuk mengcover panas pembakaran seperti di bagian mesin. Dan angka yang tinggi itu supaya memudahkan melihat bahwa itu oli gardan, sangat salah kalau menyebutnya jauh lebih kental dari oli mesin.
    4. Karena tulisan panjenengan, pemilik motor dikata-katain yang ga enak, kalau orangnya baca artikel ini apa ga kecewa berat sama panjenengan Mas.
    5. Saya ga yakin komentar saya ini bakalan ditanggapi, dibaca saja entah, hehe sekali lagi mohon maaf ya Mas Ari.

    Terima kasih.

      • Oia ada Yamalube Racing 15W-30, suwun infonya, maaf saya yang kuper πŸ˜€
        Jadi memang sengaja pakai oli gardan ya, bukan pengen pakai oli diesel tapi salah beli oli gardan πŸ™‚

        Salam Adnoc Image on 1DY-2012

  6. Warungnya kobongan, hahaha.. Awas loh bang ari, ntar ditimpukin oli diesel bekas. Eh, tapi lumayan tuh oli bekas, kali masih bisa dipake 200000 km lagi.

  7. oli gardan itu gear oil bukan sih? kalo iya, kekentalan oli gardan 75w90 ekuivalen/setara dengan kekentalan oli mesin 10w40, CMIIW silakan cari di google

  8. Gampang itu bersihinnya tanpa bongkar mesin. Caranya, pertama buang oli pake angin kompresor & tunggu 15 menitan. Kedua, tutup baut oli dan isi bensin premium 1 ltr pengganti oli. Ketiga, nyalakan mesin selama 10 menit. Keempat, ulangi langkah kedua sebanyak 2X lagi. Kelima, buang bensin dengan angin kompresor dan isi oli dengan sae 5-30. Idupin mesin selama 5 menit dan pakai jalan selama 1 hari. Keenam dan terakhir, ganti oli untuk yg terakhir dengan oli fastron techno sae10-40. Dan pakai motor selama 15 hari. Setelah itu ganti lagi olo dengan fastron techno. Nah…. Setelah ini baru deh ganti olinya kelipatan 7000km. Selesai deh…. Kulonuwon…. Piss mas bro.. Jangan gila lu ndro… Pake oli gardan dijidat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here