iklan iwb

mudik motor

Sampeyan bisa lihat kondisi kemacetan motor di jalur mudik khusus motor dari karawang hingga subang, saya jamin banyak yang nggak kuat dengan kondisi ini. Cerita pengalaman pribadi ketika pertama kali mudik naik motor tahun 2009 silam, berangkat dari bintaro-jakarta H-2 jam 11 malam, masuk jalan kalimalang sudah mulai padat sekitar jam 12 malam sepanjang perjalanan memang padat tapi lancar mulai kena kemacetan di daerah palimanan saja dan itupun tergolong macet normal tidak sampai macet total.

Alhamdulilah perjalanan mudik pertama kali naik motor ke temanggung berjalan lancar, berangkat jam 11 malam sampaidi temanggung jawa tengah jam 3 sore artinya menempuh waktu sekitar 15 jam perjalanan, jika dibandingkan dengan perjalanan ketika naik bus hanya 10-12 jam sehingga untuk perjalanan naik motor selama 15 jam tergolong wajar, lawong saya juga nggak ngebut2 amat, ngebut jika ada kesempatan lebih saja.

mudik naikmotor

Berbeda cerita ketika perjalanan mudik naik motor di tahun kedua atau tahun 2010, pemerintah daerah karawang memberlakukan jalur khusus untuk motorĀ melalui jalur utara sepanjang 70 kilometer. Rutenya, masuk dari perbatasan Bekasi, Karawang ke Wilayah Tanjung Pura. Ruas lingkar luar karawang Telagasari, Wadas serta masuk ke ruas jalan utama pantura melalui Cikalongsari. Disinilah saya bilang neraka buat para pemudik yang naik motor,saya bilang ini jalur neraka kenapa ?. Cerita singkat di perjalanan mudik kedua kalinya naik motor, dengan jam keberangkatan yang sama dari jam 11 malam, masuk karawang sekitar jam 1-2 malam dan para pemudik naik motor sudah diarahkan oleh para polisi dikarawang untuk masuk jalur motor jadi semua motor ditampung di satu ruas jalan alternatif itu sepanjang 70 km, dan apa hasilnya ? akibat penumpukan motor begitu masuk sampai berakhirnya ujung jalur alternatif macet total, kondisi jalanan seperti gambar diatas, gambar diatas itu adalah kondisi real di jalur mudik khusus motor, bisa sampeyan bayangkan bagaimana kondisi badan para biker apalagi yang berboncengan, baru sampai karawang saja sudah lelah minta ampun bahkan banyak para pemudik yang tepar di pinggir jalan.

Saya keluar dari ujung jalur alternatif masuk ke jalur utama pantura sekitar jam 8 pagi artinya jarak 70km ditempuh dalam waktu 5-6 jam… padahal jarak segitu paling 1-2 jam waktu normal. Pengalaman mudik naik motor yang tidak bisa dilupakan… karena dari pengalaman itu ketika mudik naik motor di tahun ketiga saya mengambil jalan yang berbeda ketika sampai di karawang saya mengambil jalur masuk kota memisahkan dari jalur utama mudik agar saya bisa terhindar dari jalur alternatif dan melewati jalur utama pantura lewat cikampek. Padahal saya waktu itu mudik sendirian tanpa boncenger…badan rasanya seperti di gebukin. Jalur hanya digunakan satu arah saja menuju pantura dan isinya motor semua…

Tapi itu saya anggap sebagai salah satu seninya ketika mudik, ada saja kejadian2 seru/unik yang bisa diceritakan… jadi buat yang mau mudik naik motor perhatikan kondisi badan dan selalu utamakan safety apalagi masuk jalur khusus motor.

Advertisements

14 KOMENTAR

  1. saiki emg jalur mudik yg dr arah bkasi ga oleh lwat kota mas..tetep lwat jalan bru tnjung pura…neg meh mekso lwat kota pter balik’e adoh….

  2. Emang ada seninya dan sy 3x mudik naik motor boncengan, thn 2010, 2011, 2013 dan rencana skrg rencana mau mudik. Biasa perjalanan normal (mudik bkn lebaran) umum/mobil pribadi 5-6 jam unuk siang, 3-4 jam untuk malam. Lha ini naik motor bisa 12 jam an..

  3. persis seperti yg saya alami , mudik waktu itu saya sampai nginep karena kelelahan dan ga bisa mengendalikan motor.
    bedanya saya berangkat subuh dari bekasi dan baru keluar jalur motor jam 11.30 an mulai masuk pantura.
    tenaga sudah habis , istirahat & sholat , jam 14 an mata kunang” , terpaksa buka puasa. istirahat sampai ashar, jalan lagi sampai maghrib trus cari masjid & tidur hingga subuh.
    tahun berikutnya ane ga mau masuk jalur itu, ane bilang sama polisi yg belokin mau ke arah purwakarta , akhirnya boleh lewat kota karawang , memang sepi motor , tapi mobil juga banyak , selap selip lewat pinggir.
    semoga tahun ini mudik lancar dengan adanya tol cipali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here