picture1

Persiapkan dengan matang perjalanan mudik kita agar kita selamat sampai tujuan kita, pasti sudah pada ngimpi sampai kampung nich… Meskipun puasa baru berjalan 7 hari tetapi pikiran kita sudah sampai kampung,xixixi…maklum setahun sekali. Tapi khusus buat kang bro yang akan mudik dengan motor harus ada persiapan dari badan kita yang fit dan kondisi motor yang fit pula, oiya… dompet juga harus fit, wajib itu…

Terhitung sejak 2006 sampai lebaran tahun 2012 kang ari sudah lima kali mudik naik motor absen satu kali naik bus, motor si biru selalu setia menemani mudik dan alhamdulilah selama mudik tidak ada halangan apa2 lancar sampai rumah mertua di daerah ngadirejo-temanggung jawa tengah. Kuncinya kondisi badan harus benar2 sehat dan motor juga sehat. Tetapi selama mudik naik motor kang ari tidak pernah ngajak anak istri naik motor karena anak dan istri sudah kang ari anter duluan naik bus, INGAT…! jangan ajak anak istri jika kita terpaksa mudik naik motor karena jika naik motor jarak jauh dengan kondisi beban berat karena berboncengan selain badan kita cepat lelah fokus kita naik motor jadi berkurang dan sangat beresiko kecelakaan. Nyawa cuma satu nggak ada cadangannya.

4ba5516a-b996-4803-99a9-841f6085907a

Agar perjalanan kita lancar yakinkan kondisi motor kita benar2 bisa diajak berjalan jarak jauh. Kali ini kang ari akan coba kasih masukan buat kang bro pengguna motor moped dulu. Ada tiga faktor untuk motor benar2 layak diajak mudik.

1.Kondisi jeroan mesin yang bagus.

2.Kondisi fast moving part yang layak dipakai.

3.Kondisi frame/body yang nyaman.

Mari kita ulas sama2 :

1.Kondisi jeroan mesin yang bagus.

Motor bisa hidup karena tiga faktor yaitu kompresi yang bagus, saluran bensin yang bagus dan pengapian yang bagus.

Untuk kompresi, terciptanya kompresi karena adanya tekanan dari gerakan naik turun piston dan tertutupnya ruang bakar oleh klep. Jika piston aus dan klep aus maka kompresi akan terganggu, tetapi jika kompresi terlalu tinggi juga tidak bagus karena pembakaran jadi tidak sempurna dan kinerja mesin jadi tidak maksimal akibat kompresi tinggi karena kandungan kerak2 kotoran diruang bakar sudah menumpuk.

MOTOR SECOND HANCUR (4)

 

Lakukan service besar setiap 30ribu km atau 2-3 tahun sekali, untuk mengetahui kondisi piston dan part yang lain di dalam cylinder head dan cylinder. Buat motor kang bro yang belum service besar saya anjurkan service besar dulu membersihkan kerak2 diruang bakar dan sekir klep agar kompresi jadi normal lagi. Untuk pembersihan kerak diruang bakar tidak cukup dengan hanya pakai carbone cleaner, karena fungsi carbone cleaner hanya membantu mengurangi kerak tidak membersihkan kerak.

P1060610

Saluran bahan bakar juga harus benar2 dicek, berawal dari kondisi tutup tangki jika lubang pernafasan tutup tangki terlihat berkarat maka tutup tangki wajib ganti baru atau di semprot dengan WD40. Tangki…jika banyak kotoran maka perlu kuras tangki dan membersihkan filter bensin yang ada di dalam tangki, lanjut turun ke selang bensin, pastikan kondisi selang bensin tidak bocor jika selang bensin sudah kaku maka perlu ganti yang baru terutama selang vakum/pernafasan pastikan tidak bocor karena jika bocor bensin tidak bisa turun ke karburator karena selang vakum tidak bisa menyedot bensin agar turun ke karburator. Lanjut ke keran bensin, baik itu keran otomatis atau keran bensin manual harus di cek fungsinya dengan baik. Lanjut ke karburator, pastikan kondisi karburator bekerja normal begitu juga dengan intake manifold jangan sampai bocor (ganti oring dan gasket manifol) agar campuran bahan bakar bisa masuk ke ruang bakar tanpa ada kebocoran.

Pengapian juga harus OK, wajib ganti busi baru , INGAT…! jangan ganti busi abal2 lebih baik busi pabrikan seperti NGK dan DENSO selain itu diragukan kualitasnya, tapi jangan aspal pastikan beli busi di beres agar terjamin kualitasnya. Kondisi koil, cdi dan spul pastikan normal, konsultasikan ke mekanik kondisi pengapian. Untuk motor dengan pengapian DC, jika aki soak lebih baik ganti baru agar pengapian normal selama perjalanan, jika pengapian tidak stabil maka busi gampang mati. Pastikan setrum yang masuk ke aki dari kiprok kondisinya normal, bisa baca disini Cek Pengisian Setrum Honda Beat.

2.Kondisi fast moving part yang layak dipakai.

Wajib ganti oli mesin. Untuk motor moped yang pakai kopling manual pastikan kondisi kampas kopling masih bagus jika kampas kopling aus maka dipastikan motor tidak akan sampai kampung. Jika filter udara kotor wajib dibersihkan dan ganti jika perlu.

Bagian pengereman harus diperhatikan, jika ketebalan kampas rem depan hanya tersisa sepertiga dari normal kang ari sarankan untuk ganti baru begitu juga kampas rem belakang. Ganti minyak rem jika perlu agar tidak terjadi ngempos saat kondisi minyak rem sudah panas karena terjadi penguapan di minyak rem yang mengakibatkan pengereman jadi blong(ngempos).

fxr-rantai-kendor-2

Pastikan rantai dalam kondisi layak jika sudah pernah dipotong kang ari sarankan ganti rantai baru. Untuk setiap penggantian rantai disarankan diganti satu set berikut gear depan dan belakang, jika kondisi karet tromol sudah oblak wajib ganti juga agar peredaman di roda belakang normal dan perpindahan gigi tidak loncat2.

3.Kondisi frame/body yang nyaman.

Jika kondisi mesin OK, komponen fast moving sudah layak pakai maka posisi kenyamanan saat berkendara sangat penting juga, bayangkan jika naik motor dalam kondisi stang miring, baru jalan beberapa kilometer saja pasti badan sudah pegel2.

2012-01-29-08-28-50

Pastikan kondisi sektor kaki2 begitu nyaman saat kita kendarai, cek kondisi sokbreker depan, pastikan kelenturan/peredaman sok masih empuk dan pastikan sokbreker tidak bocor, jika bocor wajib ganti sil soknya dan batang sok jika sudah lecet. Ayunan sokbreker juga harus normal, jika kondisi sokbreker keras maka kondisi badan kita terutama bagian perut bisa sakit (kalo orang jawa bilang “anyang-anyangen”), pundak dan tangan cepat pegal.

Jika motor pernah jatuh atau tabrakan pastikan kondisi stang dan segitiga dalam keadaan normal/lurus, jika segitiga bengkok maka motor tidak akan nyaman kita ajak jalan jauh, handling motor harus nyaman. Jika kondisi keuangan mepet bisa dilakukan pengepresan tetapi untuk stang bengkok kang ari sarankan untuk diganti.

Cek kondisi laher komstir, jika stang terasa kaku atau saat direm depan stang terasa ada oblak dan bunyi “thek-thek” itu tanda2 komstir oblak dan aus, jika komstir sudah tidak bisa di setel maka wajib ganti. Waktunya Ganti Laher Komstir Xeon.

Kondisi jari2 dan pelek jangan sampai oleng terutama pelek jari2 disarankan untuk setel jari2 terutama buat jari2nya yang sudah kendor, jika jari2 kendor motor terasa goyang senggol saat jalan.

20101214_spesilaispelek_01

Jangan dianggap enteng sayap2 dan cover2 body, cover2 harus terpasang jangan sampai motor trondol karena cover2 body selain untuk melindingi komponen2 motor dari hal2 yang tidak diinginkan seperti terbentur benda asing bahkan komponen part di comot tangan2 jahil, nggak lucu motor saat diparkir CDI bisa hilang. Cover2 body tersebut membantu proses pendinginan di mesin motor dengan mengatur jalur angin agar angin tersebut bisa mendinginkan mesin dengan maksimal.

Selain itu, pastikan kondisi penerangan normal lampu depan dan rem belakang, lampu sen dan lampu senja serta lampu speedometer, cek juga kondisi fuel meter, nggak lucu mudik kok kehabisan bensin. Trik Akalin Pelampung Tangki.

Wees…sudah beli baju buat lebaran ?

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. sebagai info jalan mudik pantura masih bergelombang , , ,, munkin karna pngerjaan kurang rapi apa materialnya kurang bagus , , bisa jadi 22’y
    seblum puasa sy mencoba pulang jakarta-pemalang
    insiden plat nopol jatoh,sama ban meletus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here