picture1

Hampir sama dengan motor moped, perlu persipan lebih matang jika kang bro ingin mudik menggunakan motor matic. Untuk bagian sektor mesin dan body2 serta kaki2 persiapannya sama dengan motor lain seperti yang sudah kang ari bahas disini Mudik Part 1,Persiapan Mudik Buat Motor Moped. perbedaannya hanya perlu persiapan bagian CVT.

Apa saja yang perlu di perhatikan di sektor CVT,

1.V-Belt

20130606-umurBELTcvt-1

 

Pastikan kondisi v-belt dalam keadaan baik, jika pemakaian v-belt sudah lebih dari 10ribu km sebaiknya diganti agar perjalanan mudik kita terasa nyaman tidak dihantui akan v-belt putus ditengah perjalanan. Jangan anggap sepele jika tidak yakin dengan kondisi v-belt  saat ini alangkah baiknya diganti baru saja. Konsultasikan masalah ini dengan mekanik saat melakukan service untuk persiapan mudik.

2.Roller

rollerin

Jika kondisi roller sudah aus/peang sebaiknya ganti baru karena untuk roller yang sudah peang akan membuat performa motor menurun akslerasi berkurang akibatnya konsumsi BBM lebih boros serta suara cvt jadi agak brisik karena laju roller yang tidak sempurna lagi.

3.Oli Gardan/Gear box.

oli

Seperti yang sudah kang bro ketahui bahwa motor matic mempunyai dua bagian yang dilumasi oleh oli yaitu bagian mesin dan gardan, sebelum kang bro mudik oli mesin dan gardan wajib ganti baru jika oli gardan tidak diganti baru dan kondisi olinya sudah kotor maka akan rentan terjadi bunyi kasar di gardan.

4.Seal2 CVT

p1050517

Perhatikan juga sil2 yang ada dibagian cvt jika sil2 bocor maka oli mesin atau gemuk akan mudah keluar dan akan melumasi v-belt sehingga motor bisa selip atau performa motor jadi berat.

5.Kampas Kopling.

kampas kopling mio j (3)

Salah satu komponen vital di bagian cvt adalah kampas kopling. Kampas kopling biasanya dilakukan penggantian paling cepat sekitar 2tahun. Perhatian tingkat ketebalan kampas kopling jika ketebalan sepatu kampas kurang dari 2mm maka kampas kopling wajib ganti baru jika dipaksa jalan jauh maka bisa dimungkinkan kampas kopling akan habis ditengah2 perjalanan.

6.Filter cvt

Setiap 3ribu km mesti rajin bersihkan filter cvt,jika sudah rusak wajib diganti.karena jika filter cvt tidak dibersihkan kotoran akan menyumbat sirkulasi udara yang berfungsi untuk mendinginkan ruang cvt,dan jika filter sudah tidak bisa menampung kotoran maka kotoran akan masuk ke ruang cvt dan akan bikin selip v-belt,,v-belt jadi cepet aus.

filter cvt (3)

 

Untuk selanjutnya bisa baca disini

Tips Merawat Motor Matic Agar Motor Tetap Fit,,,.

Akibat CVT Motor Matic Kurang Perawatan.

V-Belt Honda BeAT Wajib Ganti Maksimal 24.oooKM.

V-BELT Putus Karena Kurang Perawatan.

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Pastikan kondisi v-belt dalam keadaan baik, jika
    pemakaian v-belt sudah lebih dari 10ribu km sebaiknya
    diganti agar perjalanan mudik kita terasa nyaman tidak
    dihantui akan v-belt putus ditengah perjalanan.
    ============
    kl masih bagus blum retak2 dalamny pegimane noh….trus bukane v-belt itu 25ribu km baru ganti kl blum ada yg retak2

  2. Kang mau nanya, vario 125 saya cvtnya bunyi setiap pagi, terus bergetar sampai ke setang, apakah ada cacat produksi ? kata mekanik ahass itu cuman di bersihkan aja,gk ada yg perlu diganti, setelah dibersihkan jalan jalan 2 jam muncul lagi getarnya kang, km nya sudah 11.119 km kang, sudah 13 bulan usia motornya, mohon bantu ya kang, terima kasih wass

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here